Dislutkan Gelar Rapat Anggota Tahunan

IST/BERITASAMPIT - Para pegawai Dislutkan saat mengikuti rangkaian acara.

PALANGKA RAYA – Rapat Anggota Tahunan (RAT) bagi sebuah koperasi merupakan hal yang harus dilaksanakan tiap tahun, karena RAT merupakan ciri dan sendi utama dalam menggerakan koperasi dalam rangka menunaikan amanat Undang-Undang Perkoperasian.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislutkan) Kalimantan Tengah (Kalteng) Darliansjah saat membuka RAT mengatakan RAT merupakan implementasi dan semangat yang harus hidup dalam koperasi.

“RAT merupakan implementasi dan semangat yang harus hidup dalam koperasi yaitu asas kekeluargaan, sebagai institusi pengambilan keputusan tertinggi dalam koperasi, Rapat Anggota Tahunan (RAT) menyiratkan bahwa kekuatan utama pada organisasi koperasi adalah pada anggotanya,”ujar Darliansjah, Selasa 26 Maret 2024.

BACA JUGA:   Namanya Masuk Bursa Calon Bupati Kotim,  Siyono: Saya Berdoa Harati Dua Periode

Selain itu, Darliansjah mengungkapkan bahwa RAT mempunyai arti yang cukup strategis dalam pengembangan koperasi ke arah yang lebih baik lagi.

“Karena dalam RAT dibahas Laporan Pertanggungjawaban Pengurus, Laporan Pertanggungjawaban Pengawas, Rencana Kerja Tahunan Koperasi, serta Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Koperasi (RAPBK),” bebernya.

Darliansjah mengatakan pertanggung jawaban ini penting dilakukan untuk mengukur kinerja pengurus serta mengevaluasi seluruh program dan kegiatan agar pada masa-masa mendatang kinerja Koperasi dapat diperbaiki dan lebih disempurnakan lagi.

BACA JUGA:   Sebagai Putra Daerah, Untung Jaya Bangas Bakal Maju Pilkada Gunung Mas 2024

Selain itu, dia juga mengajak seluruh pegawai Dislutkan Kalteng untuk mendukung dan memajukan dunia usaha sektor kelautan dan perikanan termasuk koperasi sebagai mitra kerja.

“Semoga Rapat Anggota Tahunan, Koperasi Pegawai Negeri (KPN) Perikanan Tahun Buku 2023 ini dapat berjalan dengan baik dan lancar, juga pelaksanaan program/kegiatan koperasi yang sudah disusun dapat dilaksanakan,” harap Darliansjah.

“Pencapaian KPN Perikanan pada tahun lalu yang sudah termasuk kategori Sangat Baik agar dapat dipertahankan, dan kinerja ini bisa ditingkatkan lagi di waktu yang akan datang,” pungkasnya.

(Sya’ban)