Bersyukur Karena Ada Hujan, Karhutla di Kobar Tidak Sampai Meluas

IST/BERITA SAMPIT - Beberapa hari masuk tahun baru 2023 musibah Karhutla di Kabupaten Kobar mulai terjadi. Tampak Tim Penanggulangan Bencana Karhutla sedang sibuk memadamkan api.

PANGKALAN BUN – Sejak awal pergantian tahun di hari pertama tahun baru 2023 sampai hari keempat, tampak terik matahari begitu panas mengakibatkan bermunculan titik api dan Karhutla pun sempat terjadi di beberapa lokasi.

Sehingga Tim Satgas Karhutla yang terdiri dari BPBD, TNI, Polri, Manggala Agni, Tagana, Relawan Huma Singgah dan TSR PMI Kobar, disibukkan memadamkan api di beberapa lokasi Karhutla.

“Alhamdullilah kita bersyukur, karena ada hujan lebat musibah Karhutla tidak jadi meluas. Padahal sebelumnya sampai memasuki hari pertama tahun baru 2023, Rabu 4 Januari 2023 Karhutla di Kabupaten Kobar semakin meluas,” kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kobar Syahruni, Jumat 6 Januari 2023.

BACA JUGA:   Belajar dari Kasus Marina: Pj Bupati Kobar Minta Tidak Terjadi Kembali 

Kata Syahruni, saat seluruh Tim Penanggulangan Bencana sedang sibuk memadamkan api tiba-tiba hujan deras turun, maka titik api pun mudah dipadamkan. Dan beberapa lokasi yang terjadi Karhutla yaitu di Desa Kumpai Batu Bawah Kecamatan Arut Selatan.

“Sebelum turun hujan, akibat Karhutla update terakhir yang kami terima itu luasan lahan yang terbakar sekitar 27 hektare, dan terus meluas diperkirakan mencapai sekitar 30 hektare,” ujar Syahruni.

BACA JUGA:   Sepekan setelah Ditemukan Mengapung di Sungai Mentaya, Jenazah Bayi Belum Dimakamkan

Dia menambahkan, dalam melaksanakan tugas pemadaman api kendala tetap ada, seperti mobil tangki tidak bisa masuk dekat ke sekitar lokasi titik api, sehingga pemadaman dilakukan secara portabel. (Man).