Dewan Ingatkan Pemkab Katingan Perhatikan Fasilitas Umum

IST/BERITA SAMPIT - Anggota DPRD Kabupaten Katingan Budy Hermanto.

KASONGAN – Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Katingan Budy Hermanto minta Dinas Perumahan dan Pemukiman (Disperkimtan), Kabupaten Katingan mempercepat proses pekerjaan infrastruktur badan jalan di perkotaan atau di ibukota Kabupaten Katingan terlebih dahulu.

Karena, menurutnya DPRD dan Pemerintah Kabupaten telah menyetujui anggaran fisik 2023 tahun lalu, dia berharap proses lelang dan pengerjaan bisa segera dikerjakan dan perbaikian di badan jalan di sejumlah perumahan penduduk segera dilaksanakan pengaspalan.

Dia menyebutkan misalnya salah satunya di sejumlah ruas jalan yang ada di KKC, jalur Jalan Soekarno Hatta Kelurahan Kasongan Lama Kecamatan Katingan Hilir. Pekerjaan tersebut menurutnya, disamping peningkatan badan jalan, pengurukan, pengerasan dan pengaspalan.

“Pengerjaan harus segera dilakukan mengiangat di jalan perumahan penduduk tersebut, selain sering dilewati oleh penduduk setempat, ketika hujan dikhawatirkan pasir atau tanah yang sudah diurug tersebut akan tergesur oleh genangan air hujan,” kata Budy Hermanto. Senin 9 Januari 2023.

Dia juga meminta kepada Disperkimtan untuk bisa untuk memperbaiki dan meningkatkan fasilitas di sejumlah ruang terbuka kota yaitu taman kota Hijau demi menambah kenyamanan pengunjung dan warga sekitar.

BACA JUGA:   Sekda Sampaikan Pidato Pengantar Bupati Katingan ke DPRD Terkait LKPI Tahun Anggaran 2023

“Saya melihat kalo malam sering mati lampu penerangan taman, nah hal seperti ini jangan sampai terus dibiarkan. Itu harus jadi perhatian dinas,” ujar politisi Partai Gerindra itu.

Dia mengatakan, di balik banyaknya fasilitas umum yang dibangun menambah beban pemeliharaan dan perawatan. Hal ini harus dipikirkan dengan alokasi anggaran yang memadai.

“Karena saya melihat banyak fasilitas umum yang kurang mendapat perawatan dengan baik, sehingga dalam waktu yang singkat sudah rusak dan ada juga yang sengaja dirusak oleh oknum tidak bertanggung jawab. Dalam hal ini tentu pemeliharaan dan perawatan harus dilakukan,” jelasnya..

Menurut dia, saat ini banyak fasilitas umum yang sudah digunakan dan bermanfaat bagi aktivitas masyarakat. Namun, ada juga oknum masyarakat yang sengaja merusak fasilitas yang ada, namun ada juga fasilitas yang sengaja tidak dipelihara dan terkesan ditelantarkan.

Sehingga, ia meminta agar pemerintah segera melakukan sistem pemeliharaan fasilitas umum yang ada karena kurang dilakukan selama ini. Pemerintah juga diharap menyiapkan anggaran yang memadai untuk pemeliharaan sebuah fasilitas.

BACA JUGA:   Dewan Minta Dinas Terkait Perhatikan PJU di Jalan Tjilik Riwut dan Ahmad Yani Kasongan

“Sangat disayangkan fasilitas yang megah namun tidak dipelihara dengan baik, bahkan terkesan ditelantarkan. Untuk itu, Pemerintah jangan hanya pandai membangun namun juga harus memikirkan bagaimana pemeliharaan dan perawatan fasililitas umum dengan baik agar bisa dimanfaatkan dalam jangka waktu yang lama,” tuturnya.

Dia mengambil contoh, Taman Hijau yang saat ini tampak kurang dipelihara dengan baik, terlihat dari banyaknya sampah yang berserakan, rumput ilalang yang tidak dipelihara dan ada kerusakan pada beberapa bagian bangunan.

Padahal jelasnya fasilitas alun alun tersebut adalah ikon Kota Kasongan yang saat ini sering dimanfaatkan oleh masyarakat baik untuk rekreasi . Kalau tidak dipelihara dengan baik, maka tentu Taman Hijau tidak akan menarik lagi bagi masyarakat dan ditinggalkan.

“Saya harapkan agar sejumlah fasiltas umum mendapat perhatian, masing masing SOPD yang mengelola harus bertanggung jawab dan melakukan pemeliharaan dengan baik. Jangan ditelantarkan bahkan diabaikan,” pungkasnya.

(Kawit)