Dewan Ajak Ibu-Ibu Rutin Cek Kesehatan di Posyandu

IST/BERITA SAMPIT - Anggota DPRD Kabupaten Katingan Winda Natalia.

KASONGAN – Anggota DPRD Kabupaten Katingan Winda Natalia mengajak para ibu bayi dan balita agar rajin datang ke pos pelayanan terpadu (posyandu), dalam mengecek tumbuh kembang dan kesehatan buah hati.

Dengan rajin mendatangi ke posyandu, kata Winda, orang tua akan mengetahui bagaimana perkembangan tumbuh kembang anak. Apakah normal atau perlu ada perbaikan gizi.

Karena menurutnya dengan pengecakan rutin berarti Upaya pencegahan dan penanganan stunting juga telah dilakukan. Menurutnya dimasa kehamilan menjadi fase rentan terjadinya stunting sehingga membutuhkan perhatian yang serius dari Bumil.

BACA JUGA:   Dewan Harapkan Sikap Toleransi Antar Umat Beragama di Katingan Tetap Terjaga dengan Baik

“Agar tercegah dari stunting bumil harus rajin mengecek kesehatannya difasilitas pelayanan kesehatan yang tersedia,” katanya. Selasa 10 Januari 2023.

Setelah mendapat saran dan solusi dari tenaga kesehatan, orang tua diharapkan bisa menerapkan saran itu, agar anak terhindar dari stunting. Jika anak stunting, maka akan mengganggu pertumbuhan fisik dan perkembangan otak, sehingga berpengaruh pada prestasi dan kreativitas mereka dimasa depan.

”Untuk mencegah stunting, ibu bayi dan balita harus memberikan gizi seimbang ke anak,” pungkasnya.

BACA JUGA:   Dewan Minta PPPK Tingkatkan Kinerja dari Mutu Pendidikan dan Kesehatan di Katingan

Dia juga berharap semua petugas medis di setiap tingkatan khususnya untuk dapat mengedukasi ibu hamil agar memiliki kepahaman yang baik terhadap stunting.

“Dengan kepahaman yang baik terkait masalah stunting akan mendorong bumil melakukan tindakan penting tidak hanya untuk kesehatan diri sendiri namun juga untuk kesehatan bayi dalam kandungannya”, katanya.

Lanjutnya stunting juga bisa diintervensi melalui pemberian protein hewani (telur) kepada ibu hamil dan anak, penyediaan dapur sehat, penyuluhan kesehatan dan gizi kepada masyarakat.

(Kawit).