Ketua DPRD Kobar Rusdi Gozali Dukung Pengembangan Tanaman Holtikultura Jenis Cabai 

Ist/BERITA SAMPIT : Ketua DPRD Kobar Rusdi Gozali saat panen Cabe bersama Pj.Bupati Kobar Anang Dirjo di Desa Kubu

PANGKALAN BUN – Dalam rangka memperkuat ketahanan pangan, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kotawaringin Barat Rusdi Gozali, mendukung pengembangan tanaman Holtikultura jenis cabai.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua DPRD Kobar Rusdi Gozali saat melakukan panen cabai di kebun milik warga desa Kubu Kecamatan Kumai.

Menurut Rusdi Gozali, selama ini kebutuhan akan cabai di pasok dari pulau Jawa sehingga berdampak harganya selalu tinggi.

“Berdasarkan laporan dari dinas TPHP Kobar, saat ini telah di siapkan lahan 50 hektar yang terpencar di setiap kecamatan se Kobar, untuk pengembangan tanaman cabai, dan masyarakat yang ingin belajar tentang pengembangan tanaman cabai bisa belajar ke desa kubu, tidak perlu ke pulau Jawa, karena Haris warga desa Kubu telah membuktikan di Kobar bisa di kembangkan tanaman cabai,” ujar Rusdi Gozali.

Rusdi juga menambahkan, tanaman cabai milik Haris warga desa Kubu ini merupakan kebun pertama yang di lihatnya, dan sebuah pembuktian yang sangat berharga, bahwa lahan di Kobar ini sangat subur, sehingga cocok untuk dikembangkan tanaman Holtikultura jenis cabai.

“Kami berikan apresiasi kepada Dinas TPHP Kobar terutama petugas PPL yang selama ini tidak pernah putus asa memberikan bimbingan kepada masyarakat agar kembali menanam, sebab dalam pengembangan pembangunan daerah, sektor pertanian dalam arti luas masuk program prioritas, ” ucap Rusdi Gozali.

Dengan adanya keberhasilan yang di lakukan Haris menaman pohon cabai, sebagai langkah awal menggerakkan masyarakat untuk menanam cabai. Ini juga sebagai wujud ketahanan pangan mandiri di Kotawaringin Barat.

“Kami pun sangat mendukung program pemerintah daerah, dalam mengatasi masalah inflasi, pemerintah daerah harus hadir ditengah masyarakat, dan pemerintah daerah pun selama ini berupaya keras melakukan berbagai terobosan dalam mengatasi inflasi ini, dan kami sangat mengapresiasi, Kobar termasuk yang terbaik dalam mengatasi masalah inflasi, “pungkas Rusdi Gozali. (Man)