Pemkot Banjarbaru Siapkan Angkutan Gratis untuk Jemaah Haul Guru Sekumpul

Armada bus yang disiapkan untuk mengantarkan jamaah Haul Akbar ke-18 Syekh Muhammad Zaini bin Abdul Ghani atau Guru Sekumpul dari Lapangan Dr Murdjani ke kawasan Sekumpul Martapura. ANTARA/HO-Kominfo Kota Banjarbaru

BANJARBARU – Pemerintah Kota Banjarbaru Provinsi Kalimantan Selatan menyediakan angkutan gratis hingga tempat menginap bagi jamaah Haul Akbar ke-18 Syekh Muhammad Zaini bin Abdul Ghani atau Guru Sekumpul.

“Kami siap memberikan pelayanan maksimal bagi jamaah haul Guru Sekumpul khususnya yang melintas di Banjarbaru baik saat berangkat dan pulang,” ujar Wali Kota Aditya Mufti Ariffin di Banjarbaru, Sabtu 28 Januari 2023.

Ia mengatakan Pemkot Banjarbaru sudah menginstruksikan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) guna menyiapkan pelayanan bagi jamaah yang mengikuti haul di Mushalla Ar-Raudhah Martapura pada Minggu.

Disebutkan, pelayanan yang akan disiapkan sesuai kebutuhan jamaah mulai dari tempat parkir kendaraan baik roda empat maupun bus yang disediakan di Lapangan Dr Murdjani dan pengantaran ke lokasi haul.

“Lapangan Murdjani akan dijadikan tempat parkir bagi mobil dan bus, kemudian jamaah akan diantarkan menggunakan bus gratis ke lokasi haul atau titik terdekat di pusat haul di kawasan Sekumpul,” ujar Aditya.

Sementara itu, Kepala Dishub Banjarbaru Marhain R melalui Kabid LLAJ Hendra Maulana menyiapkan sembilan unit bus di Lapangan Murdjani untuk mengantarkan jamaah secara bergantian ke lokasi haul.

“Setiap unit bus yang terisi langsung mengantarkan jamaah ke lokasi terdekat haul Abah Guru Sekumpul. Intinya situasional lapangan sesuai permintaan jamaah sampai di mana diantarnya,” ucap Hendra.

Sementara, jamaah yang tidak bisa masuk ke kawasan pusat Haul Sekumpul disediakan alternatif yang akan disiapkan Diskominfo Banjarbaru yakni menayangkan siaran langsung melalui layar proyektor di Murdjani.

Hal itu bisa dilakukan apabila cuaca mendukung sehingga jamaah yang jumlahnya diperkirakan mencapai ratusan ribu bisa tetap mengikuti prosesi haul akbar melaluil Youtube Banjarbaru TV.

Di sisi lain, Diskominfo Banjarbaru juga bekerja sama Diskominfo Banjar mengintegrasikan siaran langsung kamera pemantau Banjarbaru-wilayah Sekumpul, agar jamaah bisa memprediksi tempat yang dituju sudah penuh atau tidak.

Fasilitas lain di Lapangan Murdjani disiapkan Disperkim Banjarbaru yang menyuplai kebutuhan air bersih untuk wudhu jamaah dan kebutuhan air WC termasuk penambahan lampu penerangan di malam hari.

Tak ketinggalan, fasilitas yang telah disediakan Dinas Pendidikan dan Disporabudpar Kota Banjarbaru yakni penginapan dan rest area bagi jamaah haul yang datang dari penjuru daerah.

“Kami menyiapkan 17 sekolah yang dialihfungsikan sebagai posko dan penginapan sementara jamaah haul di ruang kelas sehingga mereka juga bisa menggunakan toilet dan kamar mandi untuk keperluannya,” ujar dia.

(ANTARA)