Sistem Kesehatan di Kapuas Diharapkan Menjangkau Seluruh Masyarakat Dalam Pelayanan yang Lebih Baik

Rapat kerja teknis bidang kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas

KUALA KAPUAS – Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas gelar rapat kerja teknis bidang kesehatan dengan tema “Meningkatkan Mutu Layanan Dalam Menghadapi Transformasi Sistem Pelayanan Kesehatan Menuju Kapuas Sehat” pada Rabu, 1 Februari 2023 di salah satu hotel di Kuala Kapuas.

Kegiatan berlangsung selama 2 hari dengan mengundang peserta rapat dari 26 Puskesmas, yang terdiri dari Kepala Puskesmas, PJ Program UKM, PJ Program UKP, Labkesda, Gudang Farmasi Kesehatan dan RSUD.

Dalam sambutannya Bupati Kapuas yang diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Drs. Salman membuka acara secara resmi. Dia mendukung penuh terhadap pelaksanaan transformasi di bidang kesehatan di Kabupaten Kapuas dengan harapan agar sistem kesehatan di Indonesia khususnya Kabupaten Kapuas menjadi lebih kuat, lebih baik dan menjangkau seluruh masyarakat untuk pelayanan yang lebih baik.

BACA JUGA:   Edy Pratowo Salurkan Beras Subsidi untuk Pasar Murah di Kabupaten Kapuas

Sementara itu, dalam sambutannya Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan dr. Tonun Irawaty Panjaitan, M.M mengatakan bahwa kaleidoskop Dinas Kesehatan tentang arah kebijakan, sasaran, tujuan dan target Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas untuk menuju Kapuas Sehat.

Dia menjelaskan, dalam undang-undang Nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah menyebutkan bahwa kesehatan adalah satu dari enam urusan concurrent (bersama) yang bersifat wajib dan terkait dengan pelayanan kesehatan dasar yang dapat diukur dengan Standar Pelayanan Minimal (SPM).

Dinas Kesehatan beserta Puskesmas dengan jaringannya telah melakukan langkah-langkah terobosan melalui penyelenggaraan upaya kesehatan masyarakat dan upaya kesehatan perorangan, dan target SPM ini harus dicapai 100 persen.

Untuk itulah Dinas Kesehatan Kapuas menyelenggarakan kegiatan Rakernis sebagai upaya untuk melakukan evaluasi kinerja dan capaian sebagai bahan menyusun langkah-langkah strategis ke depan, sehingga tahun 2023 ini target-target kerja bisa tercapai.

BACA JUGA:   Edy Pratowo Salurkan Beras Subsidi untuk Pasar Murah di Kabupaten Kapuas

“Namun program-program tidak hanya terfokus pada pencapain SPM saja, tetapi masih banyak program lain yang tidak kalah pentingnya seperti kasus balita stunting, imunisasi, vaksinasi Covid-19, peningkatan mutu fanyankes melalui akreditasi, termasuk juga pelayanan kesehatan lanjutan ke RSUD,” ucap dr. Tonun Irawaty Panjaitan.

Diakhir acara dilakukan penyerahan piagam penghargaan kepada tiga Puskesmas berkinerja terbaik di tahun 2022 dengan kriteria pencapaian SPM, capaian realisasi keuangan, laporan tepat waktu dan lengkap yaitu Puskesmas Melati untuk kategori Puskesmas Perkotaan, Puskesmas Tamban Baru untuk kategori Puskesmas Pedesaan dan Puskesmas Sei Hanyo untuk kategori Puskesmas terpencil/sangat terpencil. (Hasan).