Unik dan Meriah Musrenbang Tahun Anggaran 2024 Kecamatan Kumai Digelar di Obyek Wisata Pantai Kubu

IST/BERITA SAMPIT - Inilah pertama kali di Kabupaten Kobar acara Musrenbang Kecamatan Kumai digelar di luar gedung yakni di lokasi wisata Pantai Kubu.

PANGKALAN BUN – Acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) di Kecamatan Kumai Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) cukup unik dan meriah dibandingkan dengan Musrenbang di Kecamatan lainnya, karena lokasi Musrenbang digelar di Obyek Wisata Pantai Kubu, Senin 13 Februari 2023.

Kedatangan rombongan Penjabat Bupati Kobar dalam acara itu disambut meriah dengan Tarian Adat Pangkalan Bun. Digelarnya Musrenbang di lokasi obyek wisata ini sesuai arahan Penjabat Bupati Kobar, dimana pelaksanaan kegiatan pemerintah daerah harus membawa dampak langsung ke masyarakat.

Dalam kegiatan yang dibuka langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Kobar ini, Camat Kumai Abdul Gofur menyampaikan berbagai usulan pelaksanaan program kegiatan untuk tahun anggaran 2024. Untuk tahun anggaran 2024 ke depan, dari kecamatan Kumai telah disusun sejumlah 133 usulan program kegiatan.

BACA JUGA:   Awal Ramadan, Warga Laksanakan Tarawih di Masjid Alhijrah

“Musrenbang ini adalah media untuk menyampaikan sejumlah usulan yang telah di verifikasi oleh dinas terkait sebelumnya,” kata Abdul Gofur.

Abdul Gofur menilai Kumai adalah pintu gerbang Kobar, untuk itu perlu mendapat perhatian lebih dari pemerintah kabupaten. Abdul Gofur menyebut Kumai adalah destinasi wisata yang lengkap, mulai dari wisata pantai, alam, hingga wisata bawah lautnya yang masih perlu di eksplore, Kumai juga kota pelabuhan dan pusat perdagangan serta mendukung kawasan industri.

“Kami bangga dengan berbagai status tersebut, hanya saja kebanggaan kami belum berbanding lurus dengan capaian pembangunannya,” lanjut Abdul Gofur.

Abdul Gofur berharap Kumai mendapatkan porsi lebih di dalam pembangunan untuk menunjang berbagai statusnya tersebut.

BACA JUGA:   Aktif Sebagai Bhabinkamtibmas dan Pengurus Masjid, Kapolda Kalteng Beri Kejutan Berangkatkan Umroh Kepada Aiptu Hartono

Dalam sambutannya Penjabat Bupati Anang Dirjo, menyampaikan, pembangunan harus menjadi tanggung jawab bersama seluruh stakeholder. “Pembangunan bukan hanya kewajiban pemerintah daerah saja, namun kita harus bersinergi dengan seluruh stakeholder, termasuk pihak swasta,” katanya.

Anang Dirjo menilai porsi anggaran pembangunan sangat terbatas, untuk itu diperlukan kerjasama dan dukungan banyak pihak termasuk dari Corporate Social Responsibility (CSR) dari perusahaan.

“Membantu masyarakat tidak boleh setengah-setengah, kita harus rajin berkoordinasi dengan banyak pihak, demi membantu keterbatasan yang dimiliki masyarakat,” pungkas Anang Dirjo.

Acara Musrenbang juga dihadiri Ketua DPRD Kabupaten Kobar M. Rusdi Gozali, didampingi Wakil Ketua II Bambang Suhaerman dan Plt. Sekda Kobar Juni Gultom (Man).