Kunker ke Kalsel, DPRD Kalteng Pelajari Pengelolaan Pemanfaatan Hutan Terintegrasi

Ketua Komisi II DPRD Kalimantan Tengah Achmad Rasyid. ANTARA/Dokumen Pribadi

PALANGKA RAYA – DPRD Provinsi Kalimantan Tengah, melakukan kunjungan kerja ke Kalimantan Selatan, untuk mempelajari pengelolaan hutan yang diintegrasikan dengan pertanian, peternakan serta perikanan.

“Informasinya sebagian kawasan hutan di Kalsel dimanfaatkan untuk lokasi menanam jagung dan sayuran serta kolam ikan hingga kandang ternak,” kata Ketua Komisi II DPRD Kalteng Achmad Rasyid  sesaat sebelum berangkat kunjungan kerja ke Kalsel di Gedung DPRD Kalteng, Palangka Raya, Rabu 15 Februari 2023.

Menurut dia, menariknya pemanfaatan kawasan hutan itu tanpa harus menebang pohon besar yang ada di kawasan hutan. Jadi, pihaknya ingin melihat seperti apa pengelolaannya.

BACA JUGA:   Pemda Agar Dapat Tanggap Memberikan Perhatian Kepada Masyarakat Terdampak Banjir

Pemanfaatan dan pengelolaan hutan secara terintegrasi di Kalsel perlu dicontoh di provinsi ini, terkhusus di Palangka Raya.

“Sebab, di Palangka Raya ada Bukit Tangkiling yang cocok untuk dijadikan lokasi menanam berbagai jenis tanaman, kolam ikan dan ternak,” katanya.

Rasyid mengatakan, selain di Bukit Tangkiling, sejumlah kawasan hutan yang sangat luas di Kalteng juga dapat dimanfaatkan untuk tumpang sari tersebut. Dengan begitu, kawasan hutan dapat memberikan dampak positif terhadap pembangunan dan perekonomian masyarakat sekitar.

“Di Bukit Tangkiling dan kawasan hutan lain yang ada di Kalteng, bisa untuk tanaman sayuran, peternakan, kolam ikan dan lainnya, tanpa harus membabat kayu di atasnya. Bisa digunakan untuk tumpang sari,” ucapnya.

BACA JUGA:   Anggota DPRD Kalteng Apresiasi Kepolisian Ungkap Kasus Pencurian Pecah Kaca Mobil

Selain mempelajari pemanfaatan hutan secara terintegrasi, Komisi II DPRD Kalteng juga akan mengunjungi rumah potong hewan yang ada di Kalsel. Sebab, pengelolaan rumah potong hewan di Kalsel lebih maju dibandingkan di Kalteng.

“Kami ingin rumah pemotongan hewan di Kalteng juga lebih maju. Jadi, nantinya berbagai informasi yang kami terima dari hasil kunker ke Kalsel, akan disampaikan ke dinas terkait,” jelas Achmad Rasyid.

(ANTARA)