Dewan Minta Harmonisasi dalam Penyerapan Anggaran

IST/BERITA SAMPIT —Anggota DPRD kabupaten Katingan Budi Hermanto.

KASONGAN – DPRD Kabupaten Katingan berkomitmen untuk terus mengupayakan pemulihan ekonomi diseluruh wilayah setempat bukan hanya diperkotaan tetapi juga hingga pelosok.

Hal itu diungkapkan Budy Hermanto, dia mengatakan berbagai tantangan pemulihan ekonomi di Kabupaten Katingan disampaikan kepada pihaknya mulai dari percepatan pembangunan infrastruktur, pengembangan UMKM hingga pariwisata.

Pihaknya selalu mendorong Pemerintah Kabupaten menekankan optimalisasi program-program yang sudah dan akan dilakukan, harus tepat sasaran, tepat guna, dan tepat manfaat bagi masyarakat.

BACA JUGA:   Sekda Sampaikan Pidato Pengantar Bupati Katingan ke DPRD Terkait LKPI Tahun Anggaran 2023

“Kami ingin mengecek dan memastikan agar rupiah-rupiah yang diberikan kepada Kabupatena itu betul-betul bermanfaat bagi masyarakat. Jangan sampai dialokasikan kepada anggaran-anggaran yang tidak perlu,” jelasnya. Jumat 23 Februari 2023.

Sebelumnya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Katingan, meminta kepada Tim Evaluasi dan Pengawasan Realisasi Anggaran (TEPRA), agar terus meningkatkan peran strategisnya mengawal penyerapan anggaran dengan memperkuat koordinasi, sinergi dan harmonisasi.

BACA JUGA:   Dewan Apresiasi Giat Safari Ramadan Pemkab Katingan

Hasil rekapitulasi TEPRA per 31 Desember 2022, realisasi fisik pengadaan barang/jasa pemerintah Katingan tahun anggaran 2022 mencapai 96,22 persen, terdapat deviasi sebesar 3,78 persen dari target 100 persen.

Kemudian realisasi keuangan sebesar 92,33 persen dari target 98 persen, terdapat deviasi mencapai 5,67 persen. Laporan tersebut cukup menggembirakan meski demikian pada tahun anggaran 2023 diharapkan dapat mencapai target 100 persen.

(Kawit)