Dispora Kotim Pastikan Bulan Mei Seluruh Fasilitas Olahraga untuk Porprov Selesai Direhab

ILHAM/BERITA SAMPIT - Kepala Dispora Kotim Wim RK Benung

SAMPIT – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), memastikan seluruh fasilitas olahraga baik itu stadion, gedung maupun venue yang direhab untuk persiapan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XII Kalimantan Tengah (Kalteng) tahun 2023 ini, pada bulan Mei sudah selesai dan siap digunakan pada pagelaran Perprov di bulan Juni mendatang.

“Saat ini untuk persiapan Prorprov XII Kalteng tahun 2023, yang menjadi tugas Dispora ada beberapa venue yang memang kita persiapkan tahun ini. Tahun ini Kegiaatan pembangunan terlaksana di bulan Februari ini sudah berjalan, kita ingin bulan Mei itu paling enggak sudah tersedia seluruh fasilitasnya, bulan Juni itu sudah sudah siap pakai,” kata Kepala Dispora Kotim Wim RK Benung, Jumat 24 Februari 2023.

Wim juga menjelaskan, saat ini kondisi fasilitas olahraga seperti stadion sepak bola rumputnya subur dan sudah mulai menutupi lapangan.

BACA JUGA:   Dua Bocah Jadi Korban Tabrak Lari Mobil Terekam CCTV, Begini Kronologis dan Identitasnya

“Untuk proses pangkas atau dirapaikan kemungkinan kita lakukan dibulan Maret atau April,” ujarnya.

Selain itu di stadion itu juga akan dibangun lintasan atletik, venue untuk tolak peluru, lempar lembing, lompat jauh dan lompat jangkit.

“Kalau rehab tribun stadiun juga dilakukan tahun ini yang dikerjakan oleh DPUPR untuk Stadion 29 November, disekitar itu juga rencana akan kita bangun panjat tebing,” jelas Wim.

Kemudian, Wim menerangkan untuk lapangan korfball sebagai cabang olahraga ekspedisi juga sudah tersedia, termasuk lapangan futsal yang saat ini masih tahap pembangunan pembenahan di lapangan tenis indoor.

Selanjutnya pada lapangan voli pasir, ada dua venue yang disediakan pada lapangan mini di Stadion 29 November.

“Diseberangnya voli indoor kita juga pengadaan matras, sedangkan dari PU melakukan rehab untuk lapangan voli tersebut,” ungkap Wim.

BACA JUGA:   Kerusakan Jalan di Mentaya Hulu, DPRD Kotim: 2025 Akan Diperbaiki

Pada sekitar gedung voli indoor tersebut juga dilakukan pembenahan atau perbaikan yang disediakan untuk cabang olahraga panahan.

Wim menambahkan, untuk pertandingan tenis lapangan akan dipusatkan ditugu, dan pada tahun ini juga akan dilakukan pembenahan atau perbaikan dari DPUPR.

“Kita juga melakukan rehap pada Gedung Olahraga Habaring Hurung, termasuk pada pagar kelilingnya. Selain itu kita juga aoan mengganti matras bulutangkis digedung itu dengan yang baru,” terang Wim.

Sedangkan untuk lapangan menembak, akan tetap menggunakan lapangan tembak di Km 5  jalan Jenderal Sudirman.

“Itu juga sudah ada pembangunan dari dari PU untuk Perbakin kategori menembak indoor, sedangkan di outdoor masih belum ada dan sementara ini masih kita data lagi kemungkinan apakah bisa dibangun atau kita minta dari sektor swasta untuk membangunnya,” pungkasnya. (ilm)