Bupati Kotim Lantik dan Kukuhkan Damang Kepala Adat Kecamatan Baamang

    IBRAHIM/BERITA SAMPIT - Suasan pelantikan Damang Kepala Adat dan pengukuhan Mantir Adat Kecamatan Baamang Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) masa bakti 2023-2029.

    SAMPIT – Bupati Kotawaringin Timur Halikinnor melantik Damang Kepala Adat dan mengukuhkan Mantir Adat Kecamatan Baamang masa bakti 2023-2029.

    “Keberadaan Damang itu sangat penting, Bagaimana mereka menjaga hukum adat Dayak dan budaya-budaya Dayak untuk memperkenalkan ke masyarakat luas” ujar Halikinnor, Kamis 2 Maret 2023.

    Halikinnor meminta kepada pengurus yang dilantik untuk menjalankan sumpah janjinya sebaik-baiknya, memperjuangkan hukum adat dan budaya telah ada ratusan tahun yang lalu.

    Menurutnya saat adat budaya setempat mulai tergerus dengan kemajuan zaman. Untuk itu, Halikin mengharapkan masyarkat untuk membudayakan kembali karena budaya saat ini mempunyai nilai jual yang menjadi jati diri masyarakat Dayak khususnya.

    “Kita berkaca ke negara maju seperti Jepang, Cina dengan memperhatikan budayanya mereka tetap maju, contoh negera kita seperti Bali, Yogyakarta nilai budaya luar biasa. Untuk generasi kita harus kita perkenalkan kembali budaya-budaya yang mulai ditinggalkan,” tuturnya.

    Pelantikan Damang Kepala Adat dan pengukuhan Mantir Adat Kecamatan Baamang dihadiri oleh Sekda, Kadis DPMD, Damang Adat se-Kotim Kades/Lurah se-Kecamatan Baamang dan Forkominda Kec.Baamang.

    Sementara itu, Camat Baamang Ady Candra sekaligus Ketua Panitia pelantikan menyampaikan bahwa pelantikan ini dilaksanakan sesuai dengan prosedur yang telah dari mulai penjaringan sampai pada pemilihan yang dilakukan secara terbuka dan transparansi.

    “Kegiatan pemilihan yang dipilih tahun 2022. Proses pemilihan dimulai dari penjaringan dan verifikasi calon. Pemilihan dilaksanakan secara transparan dan terbuka. Alhamdulilah hari ini dilakukan pelantikan sesuai dengan harapan semua pihak” ujar Ady Candra yang sebentar lagi akan dirotasi menjadi Camat Cempaga.

    (Ibra)