SMKN 1 Cempaga Bertekad Tingkatkan SDM Berkualitas

    SAMPIT – Seiring perkembangan teknologi yang begitu pesat, maka harus diimbangi oleh sumber daya manusia yang mumpuni dan berkualitas, hal inilah yang menjadi tantangan kedepannya, SMKN 1 Cempaga ingin mencetak tenaga tenaga handal yang nantinya bisa bersaing dalam dunia industri,baik dalam bidang otomotif, agribisnis perkebunan dan juga teknik komputer.

    SMKN 1 Cempaga ini terletak di Desa Cempaka Mulia Barat, Kecamatan Cempaga, Kabupaten Kotawaringin Timur.

    Sekolah kejuruan yang saat ini merupakan SMKN pertama di Kecamatan Cempaga, berdiri 13 tahun yang lalu, dengan Kepala sekolah di pimpin oleh Suwandi dengan dibantu sekitar 33 tenaga pengajar baik berstatus ASN, PPPK dan juga honorer, dengan jumlah murid sekitar 600 orang secara keseluruhan

    Sekolah ini meliputi tiga kejuruan yaitu teknik kendaraan ringan otomotif, agribisnis tanaman perkebunan dan teknik komputer dan jaringan.

    Kepala sekolah SMKN 1 Cempaga Suwandi menjelaskan kendala yang di hadapi saat ini cuma kurangnya motivasi siswanya untuk belajar,baik dari dukungan orang tua siswa,sehingga ada sebagian siswanya yang kurang tekun dalam belajar.

    “Saat ini kendala kami cuma kurang dalam motivasi, kemarin sekitar satu bulan yang lalu kami sampai menghadirkan motivator dari Jakarta tujuannya adalah untuk lebih memotivasi para siswa siswi untuk lebih tekun belajar lagi,dan juga sebagai upaya peningkatan karakter siswa siswi kami,orang tua siswa pun turut kami undang dalam acara ini,” ungkap Suwandi, Senin 13 Maret 2023.

    Lebih lanjut Suwandi berharap peran orang tua murid untuk lebih memberi semangat atau motivasi kepada anak anak mereka supaya lebih giat lagi.

    Selama ini pihak sekolah selalu berupaya untuk meningkatkan mutu pendidikan bagi anak-anak didiknya, salah satunya dengan membuat kegiatan kewirausahaan, yaitu peternakan ikan lele.

    Dari kegiatan ini juga di harapkan supaya siswa siswinya bisa mengenal dan bisa mempraktekkannya nanti di masyarakat, dan rencananya bukan cuma Lele tapi terus akan di upayakan peternakan ikan ikan jenis lain sesuai kebutuhan masyarakat. (Tobing).