Sektor Pendidikan Harus Menjadi Fokus Pemerintah

    HARDI/BERITA SAMPIT - Wakil Ketua Komisi III DPRD Kalteng Siswandi.

    PALANGKA RAYA – Peningkatan pada sektor pendidikan setiap tingkatan di wilayah Kalteng ini harus menjadi fokus perhatian pemerintah baik provinsi, kabupaten dan kota. Hal ini disampaikan oleh Wakil Ketua Komisi III DPRD Kalteng, Siswandi melalui rilis yang diterima pada Selasa 14 Maret 2023.

    Ia menjelaskan, di Kalteng sendiri sampai sekarang ini sektor pendidikan masih banyak yang perlu diperhatikan baik itu peningkatan sarana dan prasarana gedung sekolah beserta fasilitas pendukungnya maupun pemerataan tenaga guru yang masih kekurangan.

    “Tidak bisa kita pungkiri bahwa persoalan pada sektor pendidikan di Kalteng ini masih menjadi PR pemda. Pendidikan salah satu yang sangat penting untuk diperhatikan, karena ini menyangkut peningkatan kapasitas SDM di wilayah Kalteng ini,” ucapnya.

    Ia menambahkan, seperti hanya di wilayah DAS Barito, disejumlah wilayah baik kecamatan maupun pedesaan masih banyak terdapat satuan pendidikan yang perlu diperhatikan oleh pemda baik itu pada tingkat SMA/SMK maupun SD serta SMP terutama pada sarana dan prasarana serta penambahan tenaga guru.

    “Ketika kita melaksanakan reses di Dapil Kalteng IV meliputi DAS Barito, kita kerap menerima aspirasi pada sektor pendidikan ini. Hendaknya pemda fokus terhadap peningkatan sektor tersebut dan merealisasi aspirasi masyarakat, karena itu sangat penting,” lugasnya.

    Menurutnya, apabila satuan pendidikan memiliki sarana dan prasarana serta keberadaan guru yang memadai tentu proses pembelajaran atau transfer ilmu akan berjalan lancar, sehingga dari situ akan tercipta SDM unggul yang memiliki daya saing kedepan di seluruh wilayah Kalteng.

    “Kita pun turut mendorong agar pemda benar-benar bisa fokus memperhatikan sektor pendidikan di Kalteng. Tentu kita tidak mau daerah ini jauh tertinggal dari provinsi lain, pastinya kita akan selalu mendukung upaya pemda untuk meningkatkan sektor tersebut untuk kemajuan Kalteng kedepan,” tandasnya. (Hardi)