Perpustakaan Keliling Harus Lebih Dimaksimalkan

LULUS/BERITA SAMPIT- Anggota Komisi III DPRD Murung Raya, Rabul Yakin

PURUK CAHU- Anggota Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Murung Raya, Rabul Yakin mendorong pemerintah daerah setempat melalui instansi terkait dapat memaksimalkan perpustakaan keliling.

“Perpustakaan keliling perlu dimaksimalkan, guna meningkatkan minat baca masyarakat. Khususnya generasi muda,” kata Rabul Yakin kepada wartawan, Minggu 19 Maret 2023.

Ketua Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini menyebutkan, perpustakaan merupakan salah satu sarana untuk memperoleh data atau informasi yang dapat digunakan sebagai dasar pengembangan ilmu pengetahuan.

BACA JUGA:   Doni Siap Bertarung di Pilkada Murung Raya 

Diakuinya, saat ini yang menjadi kendala adalah sulitnya masyarakat, khususnya anak didik dan generasi muda untuk mendapatkan akses perpustakaan. Terutama mereka yang berada di wilayah pinggiran dan terluar dari Kota Puruk Cahu.

Karena itu, lanjut Rabul, salah satu upaya yang bisa dimanfaatkan pemerintah daerah adalah memaksimalkan kembali pendayagunaan perpustakaan keliling, demi bisa meningkatkan minat baca tersebut.

BACA JUGA:   Doni Siap Bertarung di Pilkada Murung Raya 

Dengan memaksimalkan perpustakaan keliling yang mampu menjangkau daerah-daerah pelosok, maka dapat mengurangi kesenjangan sektor pendidikan. Disisi lain, akses layanan pendidikan antara daerah pusat kota dan luar kota bisa perlahan-lahan dihilangkan.

“Maka keberadaan perpustakaan keliling mampu mendorong pemerataan pendidikan apabila mampu dimanfaatkan keberadaan nya semaksimal mungkin. Terutama berdampak positif bagi sumberdaya manusia,” pungkasnya. (Lulus).