Pemko Palangka Raya Berikan Kemudahan Bagi ASN Purna Tugas

RAHUL/BERITA SAMPIT - Asisten II Setda Kota Palangka Raya, Amandus Frenaldy mewakili Wali Kota Palangka Raya saat membacakan sambutan dan membuka kegiatan Sosialisasi ke Taspenan kepada ASN yang memasuki purna tugas, bertempat di Ruang Rapat Peteng Karuhei II, Senin, 20 Maret 2023.

PALANGKA RAYA – Wali Kota Palangka Raya melalui Asisten II Setda Kota Palangka Raya, Amandus Frenaldy membuka kegiatan Sosialisasi “Hak, Kewajiban dan Pembekalan Kepada Aparatur Sipil Negara yang Memasuki Purna Tugas Serta Layanan Bank Mandiri Taspen di Lingkungan Pemerintah Kota Palangka Raya”, bertempat di Ruang Rapat Peteng Karuhei II, Senin, 20 Maret 2023.

Membacakan sambutan Wali Kota Palangka Raya, Amandus menyampaikan bahwa masa purna tugas atau masa pensiun merupakan hak yang akan diterima oleh Pegawai Negeri Sipil (PNS).

“Berdasarkan Peraturan Pemerintah – PP Nomor 17 Tahun 2020 Tentang Perubahan Atas PP Nomor 11 Tahun 2017 Tentang Manajemen PNS. Bagi PNS yang telah memasuki masa pensiun atas permintaan sendiri atau pensiun ganda dapat mengajukan pensiunnya kepada Wali Kota Palangka Raya melalui BKPSDM Kota Palangka Raya selambat-lambatnya satu tahun sebelum pensiun, bagi pensiun dini atau pensiun tak terduga,” ungkap Amandus saat membacakan sambutan Wali Kota Palangka Raya.

BACA JUGA:   Pasar Ramadan, Tempat Berburu Menu Berbuka Puasa Sembari Ngabuburit

Amandus melanjutkan dengan adanya aplikasi yang baru diluncurkan oleh KASN diharapkan dapat mempermudah dan mempercepat proses penerbitan proses pensiun dan jaminan Hari Tua (JHT) bagi ASN.

“Dalam hal ini, pembayaran hak pensiun dan jaminan hari tua bagi ASN berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” ucapnya

Pemerintah Kota Palangka Raya bekerjasama dengan PT Taspen Persero, kata dia terus meningkatkan pelayanan terkait dana pensiun dan memberikan kemudahan percepatan dalam proses pengurusan surat dan pembayaran uang Taspen.

“Sehingga bagi PNS yang mendekati masa pensiun, sangat membantu dengan adanya Taspen ini. Untuk lebih mempersingkat pembayaran uang pensiun setiap bulannya, PT Taspen bekerjasama dengan bank swasta,” jelasnya

BACA JUGA:   Panggung Seni Budaya, Wujud Nyata Pertahankan Kelestarian Budaya Ditengah Masyarakat

Sehingga ucap Amandus, ketika ada keterlambatan yang berkaitan dengan pembayaran uang pensiun, maka akan lebih cepat diatasi.

“Kita bersyukur bank Mandiri hadir untuk membantu pengelolaan uang pensiun sebagai mitra dari Taspen. Bank Mandiri Taspen sebagai mitra nantinya juga akan mengadakan workshop budidaya jamur tiram untuk PNS yang sudah pensiun sebagai bekal usaha setelah pensiun,” beber Amandus.

Pemerintah Kota Palangka Raya juga berterimakasih kepada PT Taspen Persero dan Bank Mandiri Taspen Palangka Raya yang telah menjalin kerjasama demi kemajuan Pemko Palangka Raya.

“Kita berharap dengan adanya sosialisasi ini PNS yang akan pensiun mampu memahami dan kewajibannya untuk memperoleh dana pensiun dari PT Taspen persero untuk kebaikan bersama,” tutup Amandus. (Rahul).