Semburan Lumpur Muncul pada Lokasi Penggalian Sumur Bor di Kapuas

ISTBERITA SAMPIT - Titik munculnya semburan lumpur di Kuala Kapuas.

KUALA KAPUAS – Video yang menunjukkan adanya semburan lumpur tersebar di media sosial. Tidak sedikit masyarakat yang penasaran dengan kejadian tersebut.

Semburan tersebut diketahui dari halaman rumah warga di di salah satu Kompleks Perumahan di Jalan Jepang arah Mandomai Kapuas, Desa Pulau Telo, Kecamatan Selat, Kabupaten Kapuas,

Kepala Pelaksana BPBD Kapuas, Panahatan Sinaga mengatakan berdasarakan laporan yang diterima terjadi semburan itu menurut keterangan pemilik tanah bahwa pada 23 Maret 2023 sedang melakukan pekerjaan pembuatan sumur bor, dengan kedalaman pipa pengeboran sudah mencapai sekitar 96 meter ke bawah tanah.

Namun, air bersih tidak dapat ditemukan, karena hal tersebut pengeboran akan dipindahkan ke tempat lain disekitar lokasi pengeboran awal.

“Selanjutnya pada tanggal 24 Maret 2023 sekitar pukul 03:00 WIB dini hari lubang sumur bor tersebut menyemburkan material berupa pasir dan lumpur sampai dengan pukul 09:00 WIB semburan berhenti, kemudian kembali menyemburkan sekitar pukul 11:00 WIB dengan tekanan rendah,” kata Panahatan Sinaga, Sabtu 25 Marer 2023.

Ia menyebutkan hasil pengecekan TRC BPBD Kabupaten Kapuas bahwa semburan lumpur tersebut tidak mengeluarkan bau gas atau belerang pada saat dilakukan pengecekan.

“Upaya yang dilakukan mengimbau masyarakat sekitar pemukiman dan melaporakan kejadian ini ke Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kapuas,” pungkasnya.

(Hasan)