Memanfaatkan Teknologi Canggih Untuk Menciptakan Nilai Baru

IST/BERITA SAMPIT - Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfosantik) Provinsi Kalteng, Agus Siswadi.

PALANGKA RAYA – Saat ini sudah memasuki era Society 5.0 dimana fokus pada pengembangan masyarakat agar dapat menikmati kehidupan yang berkualitas tinggi, dengan menggabungkan/memanfaatkan teknologi canggih di berbagai industri dan kegiatan sosial dan mendorong inovasi untuk menciptakan nilai baru.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfosantik) Provinsi Kalteng Agus Siswadi saat menyampaikan paparannya pada talkshow Beretika dalam Interaksi Dunia Maya secara virtual dari Gedung Smart Province (GSP) Diskominfosantik, Senin 3 April 2023.

BACA JUGA:   Kedaulatan Pangan Harus Dimulai Dari Swasembada Pangan

“Di era Society 5.0 atau era digital ini, teknologi mengubah cara orang menerima informasi. “Dunia berubah, kita harus ikut berubah jika tidak ingin tertinggal,” katanya.

Kata Dia, generasi milenial telah memasuki abad ke-21, oleh sebab itu generasi milenial dituntut memiliki kecakapan dan keterampilan yaitu 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation).

“Tiga elemen penting yang harus diingat dari literasi digital yakni berhati-hatilah melindungi diri sendiri dan orang lain, bersikaplah cerdas mendidik diri sendiri dan orang lain, dan menjadi sosial hormati dirimu dan orang lain,” jelasnya.

BACA JUGA:   Sepasang Kekasih Dijatuhi Hukuman atas Kecurangan Pemilu 2024

Ia menyebut media sosial memiliki pengaruh dalam kehidupan masyarakat, bisa berdampak positif maupun negatif. Untuk itu harus bijak bermedia sosial dengan cara menjaga etika, selalu waspada dan jangan langsung percaya, tidak detail mencantumkan informasi pribadi, serta bijak memilih postingan konten. (Hardi).