Kerja Sama dengan Bulog, Desa Pasir Panjang Gelar Pasar Murah Ramadan

IST/BERITA SAMPIT - Pasar Murah Ramadhan yang belum lama ini di gelar di Desa Pasir Panjang.

PANGKALAN BUN – Pemerintah Desa Pasir Panjang Kecamatan Arut Selatan (Arsel) Kabupaten Kotawaringin barat (Kobar), telah menggelar Pasar Murah Ramadhan 1444 H di halaman Gedung Pertemuan samping Kantor Desa.

“Alhamdullilah, sekitar tiga hari yang lalu kami telah menggelar pasar murah Ramadhan, dan sambutan warga masyarakat cukup lumayan,“ kata Kepala Desa Pasir Panjang Tamel, melalui Kepala Seksi (Kasi) Kesra Desa Pasir Panjang Alfa Wahyu, saat dikonfirmasi, Selasa 4 April 2023.

Dalam kegiatan Pasar Murah Ramadhan 2023, lanjut Alfa Wahyu, kerjasama dengan Bulog Cabang Pangkalan Bun yang digelar mulai Pukul 09.00 WIB sampai sore.

“Semua kebutuhan pokok yang dijual Bulog semua harhanya sudah dipatok oleh Bulog sendiri, kami bersama aparat desa lainnya hanya melaksanakan penjualan  semua kebutuhan barang pokon yang ada di Pasar Murah,“ ujar Alfa Wahyu.

BACA JUGA:   Pj Bupati Kobar Serahkan LKPD, H. Budi Santosa Sudarmadi: Wajib Dilaksanakan Seluruh Pemerintah Daerah

Seraya menambahkan, sejumlah kebutuhkan pokok yang didrof oleh Bulog masing-masing yakni Beras Bulog kemasan kantong plastik 5 Kg dijual Rp60.000 dan kemasan plastik 10 Kg dijual Rp110.000, Minyak Curah dijual Rp14 ribu/liter, Daging Kerbau Rp86.000/kg. Gula Putih Rp14.000/kg, Minyak  sayur kemasan plastik Rp14.000/bungkus dan Sarden merek Yamato dijual Rp8.500/kaleng.

Sementara itu Kepala Bulog Cabang Pangkalan Bun Joko Prasetyo Afrizal, saat dikonfirmasi Selasa 4 Maret 2023, membenarkan pihaknya dalam rangka Bulan Suci Ramadhan, telah membuka Pasar Murah Ramadhan, secera serentak di 6 Kecamatan, yang digelar di Kelurahan dan sejumlah Desa.

“Sesuai dengan Intruksi dari pusat Jakarta melalui Provinsi dan Kabupaten, bahwa seluruh Bulog di Provinsi Kalteng termasuk Bulog cabang Pangkalan Bun, diwajibkan membukan pasar murah Ramadhan,“ kata Joko.

BACA JUGA:   Pj Bupati Kobar Buka Pasar Wadai, H. Budi Santosa : Sebentar Lagi Akan Digelar Pasar Murah Ramadan

“Kita ada kerja sama dengan Pemda yang dalam hal ini di laksanakan langsung oleh kelurahan dan desa. Bulog hanya menyediakan komoditasnya sesuai permintaan keluarahan dan desa,“ imbuh Joko.

Pemerintah Daerah Kotawaringin Barat (Kobar) menggelar pasar murah atau pasar penyeimbang, selama bulan Ramadan 1444 Hijriah/2023, sebagai salah satu upaya menekan laju inflasi.

Tujuan Bulog menyediakan sejumlah bahan pokok yang dijual di pasar murah, antara lain upaya untuk menekan lajunya inflasi, karena saat ini harga beras yang beredar di pasar mengalami kenaikan. (Man)