Barito Timur Tingkatkan Literasi Anak dengan Perpustakaan Keliling

Anak-anak SDN 1 Tamiang Layang terlihat antusias mendekati dan memilih buku bacaan pada mobil perpustakaan keliling yang berada di SDN 1 Tamiang Layang, Senin (4/4/2023). ANTARA/HO-Diskominfosantik Barito Timur.

TAMIANG LAYANG – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah, terus berupaya meningkatkan literasi baca masyarakat setempat, salah satunya dengan menghadirkan mobil perpustakaan keliling ke sekolah-sekolah di wilayah setempat.

“Mobil perpustakaan keliling itu telah mengunjungi SDN 1 Tamiang Layang,” kata Kepala Bidang Pengolahan, Layanan dan Pelestarian Bahan Pustaka Dinas Perpustakaan Barito Timur Manuwu Aryadikusuma di Tamiang Layang, Selasa 4 April 2023.

Menurutnya, dengan kunjungan ke sekolah-sekolah maka akan menjadi solusi untuk anak dalam memperluas akses bacaan anak. Anak-anak SDN 1 Tamiang Layang terlihat sangat antusias dalam membaca beraneka ragam jenis buku. Apalagi, mobil perpustakaan keliling yang dirancang khusus untuk menyediakan bahan bacaan beragam dan berkualitas itu, mulai dari buku pelajaran, cerita anak, novel, hingga ensiklopedia.

BACA JUGA:   Dishub Bartim Fasilitasi Pemudik Jelang Lebaran

“Dengan adanya mobil perpustakaan keliling, anak-anak diharapkan mampu memperluas wawasan dan meningkatkan kemampuan membaca mereka,” kata Aryadikusuma.

Dia mengatakan dalam kunjungan mobil perpustakaan keliling ke SDN 1 Tamiang Layang disambut antusias anak-anak murid. Mereka memilih-milih buku yang mereka ingin baca. Sesekali anak-anak murid bertanya tentang buku ilmu pengetahuan ke guru dan bertanya tentang cerita dalam buku cerita.

BACA JUGA:   KNPI Kabupaten Barito Timur Safari Ramadan di Tiga Kecamatan

Beberapa murid juga mengaku tidak memiliki banyak buku bacaan di rumah, sehingga kunjungan mobil perpustakaan keliling sangat memberikan arti tersendiri bagi mereka.

Aryadikusuma mengaku senang ketika melihat wajah para murid SDN 1 Tamiang Layang ceria ketika mendapatkan buku untuk dibaca. Ke depannya, kata dia, mobil perpustakaan keliling akan tetap memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Banyak di antara mereka anak-anak urid SDN 1 Tamiang Layang mengambil beberapa buku sekaligus untuk dibaca,” demikian Aryadikusuma.

(ANTARA)