Disperdagin Kotim Pastikan Stok Bahan Pokok Aman Hingga Lebaran

ILHAM/BERITA SAMPIT - Bupati Kotim Halikinnor, didampingi Sekda Kotim Fajrurrahman dan Kepala Disperdagin Zulhaidir, saat melakukan sidak di Pasar Ikan Mentaya (PIM) belum lama ini.

SAMPIT – Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kabupaten Kotawaringin Timur, memastikan stok bahan pokok di Kotim aman hingga hari raya Idul Fitri atau lebaran tahun 2023 ini.

“Dari pantauan kita di lapangan, pasokan bahan pokok masih stabil dan sangat mencukupi hingga lebaran ini,” kata Kepala Disperdagin Kotim Zulhaidir, kepada media ini, Senin 10 April 2023.

Untuk harga sejumlah kebutuhan bahan pokok diakui Zulhaidir memang masih ada yang tinggi seperti beras dan telur ayam, meski demikian hal itu masih bisa diimbangi dengan adanya pasar penyeimbang.

BACA JUGA:   Bupati Kotim Safari Ramadan Pertama dan Serahkan Bantuan di Kecamatan Kota Besi

“Sampai saat ini pasar penyeimbang masih terus berjalan,” ucapnya.

Zulhaidir juga mengingatkan kepada seluruh agen maupun pedagang pengecer agar bisa menjual dengan harga pasar dan jangan mengambil keuntungan yang lebih besar.

“Harga barang dan sembako masih bisa dikendalikan, tidak terjadi lonjakan begitu besar. Dan kepada agen dan pedagang kita ingatkan jangan ambil kesempatan keuntungan berlebihan, Ambilah untung sewajarnya,” tegas Zulhaidir.

Sementara itu, pantauan di lapangan untuk harga beras seperti jenis Garuda dan anak ayam masih di kisaran Rp70 ribu per 5 kilogram. Sedangkan harga yang masih tinggi terjadi pada beras lokal seperti jenis siam epang sekitar Rp23 ribu per kilogram.

BACA JUGA:   Berikut Jadwal Kapal PT Pelni Dari Sampit Untuk Maret April 2024

Kemudian pada harga telur ayam juga masih bervariasi sesuai ukuran kecil, sedang dan besar. Untuk ukuran kecil dikisaran Rp55-57 ribu per sak, ukuran sedang antara Rp59-60 ribu dan yang ukuran besar dibandrol sekitar Rp65-67 ribu per sak. (ilm).