Pemprov Kalteng Sediakan 37 Ribu Paket Sembako Murah untuk Lima Kabupaten

Arsip foto - Salah satu penyelenggaraan pasar penyeimbang oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah di Palangka Raya belum lama ini. ANTARA/Muhammad Arif Hidayat

PALANGKA RAYA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah (Kalteng) menyediakan sebanyak 37.000 paket sembako murah diperuntukkan bagi masyarakat di lima kabupaten dalam rangka membantu masyarakat menyambut Lebaran 2023 sekaligus upaya pengendalian inflasi.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kalteng Leonard S Ampung, di Palangka Raya, Selasa 11 April 2023, mengatakan sesuai arahan Gubernur Sugianto Sabran, pemerintah provinsi menggelar Pasar Penyeimbang Ramadhan di Kabupaten Kotawaringin Barat, Kotawaringin Timur, Sukamara, Lamandau, dan Seruyan.

“Kegiatan pasar penyeimbang ini akan digelar mulai 13 sampai dengan 16 April 2023,” kata Leonard.

Pria yang akrab disapa Leo ini menerangkan, selain wujud kehadiran pemerintah sekaligus membantu masyarakat jelang Lebaran, kegiatan ini juga untuk menekan inflasi sebab beberapa komoditas harus dijaga pasokan dan stabilisasi harganya.

BACA JUGA:   Kepala Dinas Perkebunan Kalteng Dilantik, Sekda: Tunjukan Kemampuan

“Penyelenggaraan ini dengan menyediakan paket sembako yang harganya lebih murah dari harga pasar pada umumnya,” ujarnya pula.

Pemprov Kalteng memberikan subsidi sebesar Rp100 ribu per paket, sehingga masyarakat hanya perlu membayar Rp50 ribu per paket dari harga yang seharusnya per paket sebesar Rp150 ribu.

Leo memastikan, kegiatan ini tak hanya dilaksanakan di wilayah barat Kalteng. Setelah gelaran pasar penyeimbang di lima kabupaten tersebut, maka selanjutnya akan dilaksanakan di wilayah DAS Barito serta kabupaten lain.

BACA JUGA:   Edy Pratowo Sebut Panen Raya di Pulang Pisau Alami Peningkatan Dibanding Tahun Lalu

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Kalteng Aster Bonawaty menambahkan, selain pihaknya, kegiatan ini didukung beberapa perangkat daerah lain, seperti Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan, Dinas Kelautan, serta Dinas Energi Sumber Daya Mineral.

Jumlah paket dalam kegiatan di wilayah barat ini total sebanyak 37 ribu paket, meliputi 10 ribu paket di Kabupaten Kotawaringin Barat, 15 ribu paket di Kotawaringin Timur, 4 ribu paket di Sukamara, 5 ribu paket di Seruyan, serta 3 ribu paket di Lamandau. Setiap paketnya terdiri dari beras, minyak goreng serta beberapa komoditas lainnya.

(ANTARA)