Pastikan Keselamatan Selama Arus Mudik, Pihak Terminal WA Gara Palangka Raya Lakukan Ramcek

LIDIA/BERITA SAMPIT - Kepala Terminal Bus Bersama Tim Lakukan Ramcek di terminal WA Gara Palangka Raya.

PALANGKA RAYA – Kepala Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Tipe A WA Gara Palangka Raya, Senen Suko Sungkowo bersama tim melakukan pemeriksaan uji kelayakan bus sebelum keberangkatan, di Terminal Bus WA Gara Palangka Raya, Kamis 13 April 2023.

Suko mengatakan Ramcek atau uji kelayakan bus dengan tujuan untuk memberikan keselamatan dan kenyamanan bagi penumpang.

“Kalau kita tidak mengatakan Bus itu laik maka kita tidak berani memberangkatkan karena memperhatikan keselamatan bagi semua,” katanya.

Suko menjelaskan, Ramcek yang dilakukan dari sistem pengereman, swiper dan di Bus sendiri ada alat pemecah kaca apabila terjadi kecelakaan semua yang ada di dalam Bus bisa keluar lewat pintu darurat.

BACA JUGA:   Dua Kotak Amal Masjid di Kota Palangka Raya Dicongkel Pencuri

“Di terminal sendiri untuk pengecekan kesehatan kita sudah ada, disini tenaga kesehatan baru ada 2 orang,” katanya.

Suko mengungkapkan, fasilitas di terminal ada dari kesehatan, sebelum berangkat para sopir Bus melaksanakan cek kesehatan. Di operasional terminal sendiri ada tempat istirahat yang disiapkan.

Suko kembali menjelaskan, tiket dengan 46 Armada yang sudah disiapkan terjual habis, untuk 46 itu sudah di booking terlebih dahulu dan akan diberangkatkan langsung.

BACA JUGA:   Pasar Ramadan, Tempat Berburu Menu Berbuka Puasa Sembari Ngabuburit

“Dari pihak PO sendiri mengantisipasi, jadi ada Armada yang baru datang dari Jawa dan sudah standby disini,” katanya.

Suko mengatakan, 46 Armada melayani AKAP (Angkutan Kota Antar Provinsi) seperti Palangka Raya ke Banjarmasin, sedangkan AKDP (Angkutan Kota Dalam Provinsi). Keberangkatan hari normal bisa 9 sampai dengan 11 Keberangkatan menyesuaikan dengan penumpang. (Lidia).