H-15 hingga H+4 Lebaran, PT Pelni Berangkatkan 15.088 Penumpang dari Pelabuhan Panglima Utar Kumai

IST/BERITA SAMPIT - Kegiatan Arus mudik dan balik, di Pelabuhan Panglima Utar Kumai tampak tertib dan aman, berkat kekompakan aparat kemanan.

PANGKALAN BUN – Salah satu perusahaan kapal angkut penumpang, PT Pelayaran Nasional  Indonesia (Pelni), sejak H-15 hingga H+4 lebaran berhasil mengangkut penumpang pulang dari Pelabuhan Panglima Utar Kumai, tujuan Tanjung Mas (Semarang) dan Tanjung Perak (Surabaya).

“Alhamdulillah berkat batuan dan dukungan  semua pihak, khususnya semua dinas terkait yang ada di Pelabuhan Panglima Utar Kumai Kabupate Kobar dan Pelabuhan Tanjung Mas Semarang serta Tanjung Perak Surabaya, kami berhasil dengan selamat mengangkut penumpang sebanyak 15.088 orang,“ kata Kepala Cabang PT Pelni Pangkalan Bun/Kumai Rony Abdullah, Kamis 27 April 2023.

Menurut Rony Abdullah, jumlah penumpang yang paling banyak tujuan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, dimana untuk angkutan lebaran ini mulai H-15 sampai dengan H + 15 sebanyak 25 call.

BACA JUGA:   Pelaku UMKM Alun-Alun Istana Kuning Penuh Ceria Bagikan Takjil Ramadan

“Sementara jumlah penumpang yang terangkut hingga H+15 sebanyak 20 ribu penumpang. Angka tersebut mengalami peningkatan dibandingkan tahun 2019 atau sebelum terjadinya Pandemi Covid-19,” ungkap Rony Abdullah.

Roni Abdullah juga mengatakan sangat bersyukur karena selama kegiatan angkutan mudik lebaran tahun 2023 ini berjalan dengan lancar dan tanpa kendala. Karena sangat terbantu dengan ada armada tambahan yakni KM Leuser dan KM Binaya sehingga tidak ada penumpang yang tertinggal.

“Kegiatan  angkutan arus balik  lebaran mulai tanggal 25 April sampai dengan tanggal 8 Mei 2023, PT Pelni telah menyiapkan sebanyak 13 call dengan jumlah penumpang di prediksi mencapai 19.089,“ ucapnya.

BACA JUGA:   Ini Arahan Kapolres Kobar Kepada Para Personilnya Jelang Ramadan

“Atas nama jajaran PT.Pelni Cabang PBun dan Kumai, kami mengucapkan terimakasih kepada pihak yang mengelola kepelabuhan, karena semua fasilitas baik untuk armada maupun kebutuhan penumpang semuanya tersedia dengan baik, seperti dermaga sandar, air tawar, truk sampah untuk angkut sampah dari kapal, petugas Pandu sampai dengan terminal tunggu untuk penumpang semuanya baik,“ imbuh Rony.

Pihaknya juga mengucapkan terimakasih kepada pihak TNI-POLRI yang telah memberikan pelayanan pengamanan dengan baik, sehingga pada saat penumpang membludak, alur masuk penumpang telah di rekayasa dengan sempurna sehingga tidak ada yang berdesakan, tertib dan lancar. (Man)