Sekda Palangka Raya Ajak Semua Pihak Bersama Antisipasi Ancaman Karhutla

RAHUL/BERITA SAMPIT - Suasana simulasi kesiapsiagaan petugas saat melakukan penanganan kebakaran hutan di Jalan Mahir Mahar KM.10 Kota Palangka Raya.

PALANGKA RAYA – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu mengatakan Pemerintah Kota Palangka Raya bersama instansi terkaitnya telah menyiagakan personel berikut sarana pendukungnya untuk penanggulangan serta penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di kota setempat.

Apalagi kata Hera, beberapa waktu lalu telah dilaksanakan apel kesiapsiagaan sekaligus simulasi penanggulangan karhutla. Ini sebagai bentuk kesiapsiagaan personil dan peralatan.

BACA JUGA:   Pemkot Palangka Raya Anggarkan Rp26,8 Miliar Tangani Stunting

“Sejatinya penanggulangan karhutla tidak bisa dilakukan secara parsial oleh pemerintah saja, namun memerlukan dukungan dari seluruh komponen. Termasuk masyarakat untuk bahu membahu bergerak bersama,” tutur Hera, Kamis, 27 April 2023.

Tak kalah pentingnya, penanggulangan dan penanganan karhutla harus dilaksanakan sedini mungkin, untuk menghindari dampak dan kerugian secara luas.

“Karena itu semuanya dapat terus meningkatkan koordinasi dan komunikasi lintas sektoral bersama stakeholder terkait lainnya,” ujarnya menambahkan.

BACA JUGA:   Dishut Kalteng Peringati Hari Bakti Rimbawan ke-41: Peran Rimbawan dalam Pemanfaatan SDA, Bersatu dalam Merawat Lingkungan

Tidak lupa Hera meminta kepada masyarakat agar tidak membuka lahan dengan dibakar. Sementara kepada pihak terkait lainnya dapat terus melakukan sosialisasi dan edukasi dilaksanakan hingga pada tingkat paling bawah.

“Intinya, kesiapan semua komponen termasuk masyarakat dalam menghadapi bencana karhutla ini sangat menentukan. Terutama mengantisipasi dampak yang merugikan dalam banyak sisi,” tandasnya. (Rahul).