Ingin Capai Ideal Universitas, UPR Butuh 57 Orang Sebagai Guru Besar

IST/BERITA SAMPIT - Sejumlah Guru Besar Universitas Palangka Raya.

PALANGKA RAYA – Rektor Universitas Palangka Raya Prof. Dr. Salampak, M.S mengatakan bahwa, untuk mencapai ideal, UPR membutuhkan sebanyak 57 orang sebagai Guru besar. Hal ini disampaikan saat Sidang Terbuka Senat Wisuda Program Sarjana dan Pascasarjana Periode April 2023, di Aula Palangka UPR, Sabtu 29 April 2023.

“Ada 26 dosen yang sudah mengajukan proses penilaian guru besar dan ini sedang berproses mohon maaf dengan dengan dikukuhkannya saudara yang akan dikukuhkan, kita punya 26 orang guru besar itu adalah 3% lebih dari seluruh dosen yang ada, idealnya kita punya minimal 10% jadi kita butuh lagi ada sebanyak 57 orang guru besar selain Prof. Dr. Irawan, M.Si tadi,” ungkapnya.

Salampak Menyampaikan bahwa, UPR sudah melaksanakan pengukuhan Guru Besar pada periode April 2023 yaitu Prof. Dr. Jackson Pasini Mairin, M.Pd.

BACA JUGA:   BEM UPR Ancam Demo Bank Kalteng Jika Kartu ATM Beasiswa TABE Tak Kunjung Dicetak

“Ini kita sudah melakukan pengukuhan satu orang guru besar baru yaitu Profesor Prof. Dr. Jackson Pasini Mairing, M.Pd. dari fakultas keguruan dan ilmu pendidikan dalam bidang ilmu pendidikan matematika guru besar atau Profesor adalah jabatan akademik tertinggi dari seorang dosen,” ujarnya.

Salampak mengungkapkan, dengan dikukuhkan Prof. Dr. Jackson Pasini Mairing sebagai seorang seorang guru besar maka akan meningkatkan kinerja UPR.

“Diharapkan juga dengan dikukuhkan beliau akan memotivasi para dosen yang lainnya untuk berlomba menggapai jabatan akademik tertinggi di perguruan tinggi kita ini,” katanya.

Salampak juga menyampaikan selain sebenarnya Prof. Dr. Jackson Pasini Mairing, M.Pd. UPR juga sudah mendapat tambahan seorang guru besar di bidang ilmu ekonomi pada fakultas ekonomi dan bisnis yaitu Prof. Dr. Irawan M.Si dalam bidang ilmu ekonomi sumber daya alam dan lingkungan dan beliau akan segera juga dilakukan pengukuhan secepatnya seperti yang di lakukan sebelumnya.

BACA JUGA:   BEM UPR Dukung Kejari Palangka Raya Usut Tuntas Dugaan Korupsi di Pascasarjana

“Kita sebenarnya sudah juga mempunyai calon guru besar yang hari ini sudah proses dan menunggu SK dari Kementerian dan ada 11 orang dalam proses penilaian kemudian sampai hari ini selain 11 orang itu ada 10 orang yang sudah mengurus persyaratan untuk menjadi guru besar jadi kita berharap pada tahun 2023 Universitas Palangkaraya kita doakan semoga teman-teman kita berhasil,” tuturnya.