Bupati Minta Guru Lebih Kreatif dan Komunikatif

LULUS/BERITA SAMPIT- Bupati Mura, Perdie M Yoseph foto bersama dengan para narasumber dan peserta seminar nasional yang dilaksanakan di GPU Tira Tangka Balang.

PURUK CAHU – Bupati Murung Raya Perdie M Yoseph membuka Seminar Nasional bidang pendidikan menjadi pendidik kreatif, inovatif dan inspiratif dalam mewujudkan pendidikan bermutu di Kabupaten Murung Raya untuk menuju Murung Raya Emas 2030, yang dilaksanakan di GPU Tira Tangka Balang Kota Puruk Cahu, Selasa 2 Mei 2023.

Seminar nasional itu merupakan rangkaian peringatan hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang mengangkat tema “Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar”.

“Saya menyambut baik dan apresiasi dan penghargaan terhadap Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan beserta jajarannya yang telah mempersiapkan acara seminar ini hingga berjalan dengan lancar,” ungkap Perdie.

Perdie mengatakan, sektor pendidikan di Kabupaten Murung Raya menjadi program prioritas utama dan sebagai ujung tombak dalam mencerdaskan anak bangsa yang diimplementasikan dengan program ‘Mura Cerdas’.

Menurutnya, pada saat ini dunia pendidikan mengalami kemajuan dan perubahan paradigma, sehingga berdampak pada peningkatan mutu pendidikan khususnya di daerah terutama di Kabupaten Murung Raya.

Lebih lanjut Perdie, Pemkab Murung Raya sangat mendukung program dari Kemendikbud Ristek RI yaitu implementasi Kurikulum Merdeka di satuan pendidikan di masing-masing jenjang PAUD, SD, SMP dan SMA salah satu faktor pendukung utama dalam mendukung suksesnya IKM adalah guru atau pendidik.

BACA JUGA:   Doni Siap Bertarung di Pilkada Murung Raya 

Tak hanya itu, Peran tugas guru atau pendidik dalam proses pembelajaran meliputi sumber belajar, fasilitator, pengelola pembelajaran, demonstrator, pembimbing, motivator dan penilai, guru sebagai tempat peserta didik menggali atau memperoleh pelajaran.

“Harapan saya pada kegiatan ini kepada peserta seminar yaitu mari bersama mewujudkan guru atau pendidik di Kabupaten Murung Raya menjadi guru yang kreatif, inovatif, Komunikatif dan inspiratif untuk meningkatkan pendidikan di Kabupaten Murung Raya,”paparnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Murung Raya Ferdinand Wijaya menyampaikan, bahwa kegiatan seminar nasional ini dilaksanakan bertujuan untuk mewujudkan guru atau pendidik di kabupaten Murung Raya menjadi guru kreatif dan inovatif.

“Selanjutnya, mewujudkan mutu pendidikan di Mura, membantu menyelesaikan permasalahan dilapangan terkait pembelajaran, kemudian memberikan informasi terkait pembangunan dibidang pendidikan dan kebudayaan serta membuka ruang dialog atau diskusi antara pemangku kepentingan dunia pendidikan fan stakeholder dilapangan,” jelas Ferdinand.

BACA JUGA:   Sekda Kalteng Sambangi Murung Raya, Pastikan Program Pasar Murah Kebijakan Gubernur Tepat Sasaran

Dalam acara seminar itu juga menghadiri sebanyak tujuh orang narasumber yaitu, Plt Direktur PAUD Kemendikbud Ristek RI, Komalasari, S.Pd,M.Pd, Anggota DPR RI Komisi VII, Dr. Ir, Willy M. Yoseph,MM, Dosen UPR Prof. Dr, Joni Bungai,M.Pd, Kepala BPMP Provinsi Kalteng, Tomy Heridjaya, S.Sos,MM, Kepala BGP Provinsi Kalteng, Ketut Sukarjaya, S.Pd, M.Pd, Praktisi Pendidikan, Ny Netty Willy M.Yoseph dan Bupati Murung Raya, Drs. Perdie M Yoseph,MA.

Peserta kepala sekolah maupun guru yang mengikuti seminar tersebut sebanyak 500 orang dengan rincian, Kepala Sekolah PAUD 50 orang, Kepala Sekolah SD 50 orang, Kepala sekolah SMP 50 orang, Kepala Sekolah SMA/SMK 24 orang, Korwil 10 orang, Pengawas Sekolah 28 orang dan guru dari semua jenjang 212.(Lulus)