Kemenag Kapuas Akan Gelar Bimbingan Manasik Haji

IST/BERITA SAMPIT - Kepala Kemenag Kapuas, Hamidhan (kiri) saat pimpin rapat persiapan kegiatan manasik haji tingkat kecamatan dan kabupaten tahun 2023.

KUALA KAPUAS Kantor Urusan Agama (KUA) Kabupaten Kapuas akan segera menggelar bimbingan manasik bagi jemaah haji reguler. Sesuai dengan pemberitahuan Kementerian Agama RI, bimbingan manasik haji dilaksanakan setelah Idul Fitri.

Kepala Kemenag Kapuas Hamidhan melalui keterangan tertulis, Selasa 2 Mei 2023, mengatakan bimbngan manasik haji akan dilaksanakan beberap kali sebanyak enam kali pertemuan, yaitu dua kali oleh Kantor Kemenag Kabupaten Kapuas dan empat kali oleh KUA kecamatan

Hamidhan meminta jaran seksi PHU berkoordinasi dengan para kepala KUA kecamatan dalam pelaksanaan manasik haji tahun ini dengan tetap memperhatikan prokes.

BACA JUGA:   Edy Pratowo Salurkan Beras Subsidi untuk Pasar Murah di Kabupaten Kapuas

“Insya Allah pelaksanaan manasik haji kecamatan 8-15 Mei 2023 dan untuk manasik haji kabupaten tanggal 16-17 Mei 2023,” katanya.

“Semoga kegiatan haji tahun ini bisa berjalan lancar dan semoga jemaah haji Kapuas bisa berangkat ke Makkah dengan lancar dan pulang ke tanah air dengan selamat,” harapnya.

Ia menambahkan khusus tahun ini ada tambahan materi seputar haji ramah lansia.

“Tahun ini kita mengusung tagline Haji Ramah Lansia. Saya harap semangat yang sama juga melandasi pelaksanaan bimsik sehingga terbangun kesadaran seluruh jemaah sejak awal untuk peduli terhadap sesamanya terlebih jemaah lansia,” pungkas Hamidhan

BACA JUGA:   Edy Pratowo Salurkan Beras Subsidi untuk Pasar Murah di Kabupaten Kapuas

Bimbingan Manasik merupakan proses pembekalan yang dilakukan Kementerian Agama kepada jemaah haji reguler. Pelaksanaannya dilakukan oleh para penyuluh agama, pembimbing ibadah di KUA dan pembimbing ibadah KBIHU. Dalam bimbingan manasik, jemaah mendapatkan materi seputar ibadah haji (rukun, wajib, larangan, dan lainnya), termasuk rencana perjalanan ibadah haji (tahapan), kesehatan haji, dan layanan untuk jemaah haji.

(Hasan)