Dewan Apresiasi Pelaksanaan Festival Palangka 2023

IST/BERITA SAMPIT- Anggota DPRD Kota Palangka Raya, Norhaini.

PALANGKA RAYA- Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palangka Raya mengapresiasi pelaksanaan festival Palangka 2023 yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga Kota Palangka Raya.

“Kami mengapresiasi dan menyambut baik atas terlaksananya kegiatan yang sarat seni budaya dan kearifan lokal Kalimantan Tengah pada umumnya, dan Kota Palangka Raya pada khususnya,” kata Anggota Komisi C DPRD Palangka Raya Norhaini, Jumat 5 Mei 2023.

Norhaini melihat, dengan diselenggarakannya even Festival Palangka itu, dapat menjadi langkah strategis dalam menggairahkan kembali seni budaya dan kearifan lokal, bahkan pariwisata di Kota Palangka Raya.

BACA JUGA:   Subsidi Ongkos Angkut Distribusi Beras Diharapkan Bisa Tekan Kenaikan Harga

“Even ini juga bisa memberi multi efek yang penting. Salah satunya dapat membangkitkan perekonomian masyarakat terutama bagi pelaku usaha kecil maupun UMKM yang memanfaatkan momen kegiatan ini,” ungkapnya.

Norhaini melanjutkan, Festival Palangka ini dapat terus terselenggara saban tahunnya. Bahkan diharap mampu masuk menjadi salah satu kalender even tahunan nasional, sehingga dapat memperkenalkan dan mengeksplor secara luas seni budaya dan kearifan lokal di Kota Palangka Raya.

Adapun berdasarkan rilis pihak Dinas Pariwisata Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga Kota Palangka Raya, Festival Palangka Raya yang dilaksanakan pada 2-4 Mei 2023 itu, dengan menggelar 15 mata lomba.

BACA JUGA:   Subsidi Ongkos Angkut Distribusi Beras Diharapkan Bisa Tekan Kenaikan Harga

Adapun secara rinci ke 15 lomba khas suku Dayak itu diantaranya, Lomba Jukung Tradisional, Besei Kambe, Habayang, Sepak Sawut, Tari Daerah, dan Mangenta.

Kemudian lomba Karungut, Balogo, Malamang, Lawang Sakepeng, lomba lagu daerah. Selanjutnya ada lomba Maneweng Manetek Manyila Kayu, Manyipet, Mangaruhi, dan lomba Masak Sukup Simpan. Berikutnya dibalut pula dengan pelaksanaan pemilihan putra dan putri pariwisata Kota Palangka Raya. (Syauqi).