Kabid P2P Dinkes Kobar: Orang Tua Jangan Bosan Menjaga Kesehatan Anak

Kepala Bidang P2P Dinkes Kobar Jhonferi Sidabalok.

PANGKALAN BUN – Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kobar Jhonferi Sidabalok, menghimbau kepada para orang tua, jangan bosan-bosan menjaga dan merawat kesehatan mental anak-anaknya.

“Karena orang tua memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan mental anak maupun jiwa seorang anak . Dan orangtualah yang nantinya sangat menentukan masa depan anak-anaknya, dalam menghadapi lingkungan, sosial, masyarakat,” kata Jhonferi Sidabalok, Jumat, 5 Mei 2023.

Menurutnya, ada beberapa hal yang harus dilakukan orang tua agar kesehatan mental anak terjaga dengan baik, seperti memberikan pemahaman yang tepat dan contoh yang benar.

BACA JUGA:   Kepala SMAN 2 Kumai Drs. Ridwan Sebut 45 Siswanya Dipersiapkan Mengikuti Olimpiade Sains Nasional 2024

“Orang tua juga harus bisa memberikan ruang dimana anak dapat mengemukakan pendapatnya, selanjutnya orang tua akan mengarahkan apakah benar atau tidak jadi orang tua tidak boleh langsung membatasi misalnya ‘oh gak boleh itu’ seperti itu, tapi orang tua sebelumnya harus menjelaskan dulu apa yang boleh apa yang tidak boleh dilakukan,” ujarnya.

Juga orang tua harus menerapkan pola hidup sehat seperti melakukan olahraga secara teratur, tidak mengonsumsi alkohol dan obat terlarang, tidur secara teratur dapat menjaga kesehatan mental dengan baik, karena pengertian sehat secara menyeluruh yaitu sehat secara jasmani dan rohani.

BACA JUGA:   Kepala KSOP Kelas IV Kumai Hary Suyanto Sebut Belum Ada Lonjakan Penumpang  di Pelabuhan Panglima Utar Kumai

“Kebugaran jasmani sangat mendukung terhadap kesehatan mental seseorang tetapi kesehatan mental seseorang bisa mendorong, memberikan motivasi termasuk prinsip hidup pada orang untuk mau menjaga kesehatan kebugaran jasmaninya, serta memberi bimbingan khusus tentang ajaran agama,” pungkas Jhonferi Sidabalok. (Man).