Kepala KSOP Kelas IV Kumai Hary Suyanto Sebut Belum Ada Lonjakan Penumpang  di Pelabuhan Panglima Utar Kumai

IST/BERITA SAMPIT : KSOP Kelas IV Kumai saat menggelar Rakor dalam rangka persiapan mengantisifasi lonjakan arus mudik lebaran dan keamanan, baik diatas kapal maupun dilokasi Pelabuhan.

PANGKALAN BUN – Dihari ke 14 Ramadan 1445 H, Selasa 26 Maret 2024,  situasi di Pelabuhan Panglima Utar Kumai Kabupaten Kobar, belum ada penampakan lonjakan arus para penumpang yang akan mudik lebaran dikampung halamamannya di Jawa.

“Diperkirakan arus penumpang, nanti mulai ramai 10 hari  H-10 jelang lebaran, dan lonjakan arus penumpangnya sekitar H-5 sampai H-3 jelang lebaran. Sekarang dari awal Ramadan situasi di Pelabuhan Panglima Utar Kumai biasa-biasa saja aman, dan jumlah kapal penumpang yang keluar masuk Pelabuhan ada sekitar 56 kapal,“ kata Kepala KSOP Kelas IV Kumai Hary Suyanto, Selasa 26 Maret 2024.

BACA JUGA:   Bukan Hanya Ada  di Cirebon, Musik Obrog-Obrog Pembangun Sahur Ternyata Juga Ada di Kota Kumai, Kotawaringin Barat

Dikatakan Hary Suyanto, dalam rangka persiapan mengantisifasi lonjakan arus mudik lebaran dan pengamanannya. Kantor KSOP Kelas IV Kumai, Senin 25 Maret 2024 kemarin, telah menggelar rapat koordinasi dengan seluruh instansi, Lembaga swasta yang terkati dengan kepentingan Pelabuhanuntuk memperkuat koordinasi antara petugas, instansi terkait, penyedia jasa, dan asosiasi yang terlibat langsung dalam penyelenggaraan angkutan laut pada momen penting ini.

BACA JUGA:   Kapolres Kobar dan Insan Pers Bagikan Takjil dan Buka Puasa Bersama

“Dalam rapat koordinasi membahas berbagai persiapan menjelang dan sesudah Lebaran, untuk mengantisifasi lonjakan arus mudik, dan keselamatan para penumpang serta persiapan penyediaan sarana untuk kegiatan keamanan disekitar Pelabuhan, yang sebagian kecil telah didirikan tenda posko keamanan di lokasi Pelabuhan,“ ujar Hary.

Selain itu, tujuan digelar rapat koordinasi selain  meningkatkan silaturahmi ,juga untuk menyatukan persefsi secara Bersama-sama dalam rangka mengantisifasi keamanan dan lonjakan penumpang yang akan mudik merayakan hari Lebaran dikampung halamannya. (Man)