Antisipasi Karhutla, BPBD Sukamara Keluarkan SK Siaga Darurat Bencana

Kepala BPBD Sukamara, Agus Mulyanto.

SUKAMARA – Dalam upaya antisipasi dan penanganan Kebakaran hutan dan lahan atau Karhutla, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sukamara telah mengeluarkan SK Siaga Darurat Bencana dan telah mengalami perpanjangan.

“Kami sudah perpanjang kemarin itu terakhir 26 April 2023 sampai 26 Juli 2023,” kata Kepala BPBD Sukamara,Agus Mulyanto, Selasa 9 Mei 2023.

Agus Mulyanto menjelaskan jika SK Siaga Darurat Bencana yang dikeluarkan pihaknya adalah upaya antisipasi mencegah terjadinya karhutla tahun ini.

“Karena kami berpegang pada prediksi BMKG yang walaupun saat ini masih hujan namun dari Juni sampai akhir tahun akan kemarau panjang,” ucap Agus Mulyanto.

BACA JUGA:   Penjabat Bupati Sukamara Bakal Lakukan Pembenahan Pasar Saik

Untuk mengantisipasi karhutla yang akan terjadi pada musim kemarau panjang nanti PBB di Sukamara telah melakukan berbagai antisipasi, salah satunya adalah melakukan patroli keliling di wilayah rawan karhutla.

“Kami saat ini sudah melakukan patroli rutin yang terus kami lakukan ke daerah-daerah rawan karutlah,” ucap Agus Mulyanto.

“Patroli yang kami fokuskan itu ada di tiga Kecamatan yang sering terjadi karhutla yaitu Kecamatan Sukamara Pantai Lunci dan Jelai,” lanjutnya.

BACA JUGA:   Pj Bupati Sukamara Buka Pasar Ramadan 1445 Hijriah 

Dengan terus dilakukan patroli keliling Agus Mulyanto berharap tidak ada lagi kejadian karhutla yang terlalu besar dan jika terjadi dirinya berharap itu kebakaran lahan yang kecil dan dapat ditanggulangi.

“Kami juga mengubah pola patroli, yang sebelumnya kami patroli pada pagi hingga siang hari, saat ini kami patroli siang hingga sore hari, jadi ini juga sebagai bentuk antisipasi kami karena banyak terjadinya karhutla itu pada siang hingga sore hari,” tukas Agus Mulyanto. (enn).