Antisipasi Karhutla, Pemko Palangka Raya Gelar Sosialisasi Pencegahan Kebakaran Hutan dan Pelatihan PLBT

RAHUL/BERITA SAMPIT - Suasana acara pembukaan kegiatan Sosialisasi Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan dan Pelatihan Pembukaan Lahan Tanpa Bakar (PLTB) Kota Palangka Raya, bertempat di Aula Hotel Batu Suli International, Selasa, 9 Mei 2023.

PALANGKA RAYA – Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Palangka Raya melaksanakan kegiatan Sosialisasi Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan dan Pelatihan Pembukaan Lahan Tanpa Bakar (PLTB) Kota Palangka Raya Tahun 2023.

Kegiatan ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kota Palangka Raya, Hera Nugrahu, yang dilaksankan di Aula Hotel Batu Suli International, jalan Raden Saleh Kota Palangka Raya, Selasa, 9 Mei 2023.

BACA JUGA:   Komunitas Dayak Bajuju Kalteng Lakukan Aksi Damai Tolak Hak Angket

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Palangka Raya, Achmad Zaini dalam laporannya, menyampaikan sosialisasi pencegahan karhutla dan sosialisasi pembukaan lahan tanpa bakar sangat penting untuk dilakukan, sebagai upaya pencegahan.

“Secara tugas dan fungsi terbagi menjadi dua yakni untuk pencegahan karhutla oleh DLH Palangka Raya dan untuk penanggulangan Karhutla dilaksanakan oleh BPBD Palangka Raya,” ungkap Zaini.

Zaini melanjutkan, pihkanya tentunya bersiap siaga jelang musim kemarau, sehingga kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya pencegahan dini sebelum terjadinya bencana Karhutla khususnya di Palangka Raya.

BACA JUGA:   Pasar Ramadan Masjid Kampus Salahuddin UPR Sudah Dibangun

“Selain sosialisasi pencegahan Karhutla, kita juga mensosialisasikan untuk pembukaan lahan tanpa bakar kepada seluruh masyarakat Kota Palangka Raya,” tuturnya

Pihaknya juga mengundang perwakilan masyarakat dari 5 Kecamatan sebanyak 80 orang mulai dari relawan, masyarakat, kelompok tani, perwakilan Pemerintahan Kecamatan dan Kelurahan, diharapkan agar terlibat langsung dalam menjaga terjadinya potensi Karhutla. (Rahul).