Pemkot Palangka Raya Siapkan Status Siaga Karhutla

RAHUL/BERITA SAMPIT - Sekretaris Daerah Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu.

PALANGKA RAYA – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu, memastikan Pemerintah Kota Palangka Raya bersama instansi terkaitnya, terus meningkatkan kesiapsiagaan serta menyiapkan sumber daya manusia (SDM), dan sarana prasarana dalam pengendalian kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Sebagai langkah strategis kesiapsiagaan menghadapi karhutla itu kata Hera, Pemko Palangka Raya juga sudah melaksanakan apel kesiapsiagaan.

“Pemko Palangka Raya bersama pihak terkait sudah dua kali di tahun 2023 ini melakukan apel kesiapsiagaan karhutla, yakni di bulan Februari dan akhir April lalu,” ungkapnya, Senin, 8 Mei 2023.

BACA JUGA:   Masyarakat Diminta Jaga Kebersihan Lingkungan Cegah Penularan DBD

Kegiatan tersebut jelas Hera, tidak lain adalah sebagai bentuk kesiapsiagaan personil dan peralatan dalam menghadapi karhutla.

“Dalam apel itu juga dilakukan pengecekan sapras dan SDM. Bahkan dilakukan pula simulasi penanganan secara komprehensif dan pentahelix,” ujarnya menambahkan.

Lanjut Hera, langkah strategis dan kesiapan lainnya yang tengah dilakukan Pemko Palangka Raya dalam hal kesiapsiagaan menghadapi karhutla saat ini, yaitu membangun koordinasi dengan pihak BPBD provinsi dan BNPB pusat secara intens.

BACA JUGA:   Nuryakin Berharap Kedepannya PMI Semakin Baik dan Berkontribusi Pada Program Kemanusiaan

“Perlu diketahui Pemko Palangka Raya saat ini tengah menyiapkan proses penetapan status siaga karhutla. Ini langkah strategis dalam hal kesiapsiagaan itu,” bebernya.

Intinya imbuh Hera, Pemko Palangka Raya telah siap dalam hal kesiapsiagaan menghadapi karhutla, dengan melakukan berbagai langkah strategis di lapangan.

“Seperti pelaksanaan patroli gabungan dilakukan secara intensif. Begitupun pengecekan kesiapan sarana dan prasarana peralatan. Tak kalah penting imbauan dan sosialisasi terkait kewaspadaan karhutla kepada masyarakat juga terus dijalankan,” pungkas Hera. (Rahul).