Dikbud Kobar Gelar Pelatihan Guru Utama Revitalisasi, Kerjasama Dengan Balai Bahasa Provinsi Kalteng

IST/BERITA SAMPIT - Pelaksana Tugas Kadis Dikbud Kobar Jamri, tampak foto bersama dengan sejumlah narasumber/pelatih dari Balai Bahasa Provinsi Kalteng.

PANGKALAN BUN – Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Kobar, kini mulai disibukan dengan berbagai kegiatan. Selain menggelar Festival Seni/Budaya Marunting Batu Aji 2023, juga menggelar pelatihan guru utama revitalisasi.

“Pelatihan guru utama revitalisasi, yang mulai digelar Senin kemarin sampai Jumat 21 Mei 2023, kerjasama dengan Balai Bahasa Provinsi Kalteng. Kegiatan tersebut sebagai bentuk dukungan pemerintah daerah dalam program kurikulum Merdeka Belajar,” Plt. Kadis Dikbud Kobar Jamri dikonfirmasi Rabu, 10 Mei 2023.

Menurut Jamri, bahasa melayu dialek Kotawaringin merupakan bahasa daerah yang menjadi pilihan. Ia berpesan agar para peserta pelatihan mengikuti kegiatan dengan sungguh-sungguh.

BACA JUGA:   Bukan Hanya Ada  di Cirebon, Musik Obrog-Obrog Pembangun Sahur Ternyata Juga Ada di Kota Kumai, Kotawaringin Barat

“Karena program Revitalisasi Bahasa Daerah/Kurikulum Merdeka Belajar termasuk dalam rencana kerja pemerintah daerah baik provinsi maupun kabupaten dan kota sehingga ada payung hukum yang melingkupinya,” ujar Jamri.

Dijelaskan Jamri, program tersebut selain mendapat dukungan dari pemerintah daerah juga dari masyarakat yang ditandai dengan partisipasi aktif masyarakat serta adanya komitmen tentang perlindungan bahasa dan sastra dari pemerintah daerah.

“Dan juga adanya keterlibatan aktif perguruan tinggi sebagai bentuk implementasi program Merdeka Belajar termasuk oleh Dinas pendidikan dan sekolah-sekolah . Saya berharap semua peserta dapat menyerap seluruh materi pelatihan dan nantinya dari hasil pelatihan para peserta bisa mensosialisasikan kepada para pendidik (guru) lainnya di Kabupaten Kobar,” imbuh Jamri.

BACA JUGA:   Launching Rekam Medik Elektronik RSSI Pangkalan Bun Diwarnai Buka Puasa Bersama

Dalam kegiatan pelatihan, menghadirkan narasumber dari Balai Bahasa Provinsi Kalteng R. Hery Budiono. Bertempat di SMP Negri 1 Arut Selatan diikuti sebanyak 20 peserta terdiri dari perwakilan guru SD dan SMP se- Kabupaten Kobar.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah yang telah memfasilitasi kegiatan pelatihan Revitalisasi Bahasa ini. Semoga hasil dari pelatihan bisa mewujudkan program kurikulum Merdeka Belajar di Kabupaten Kobar,” pungkas Jamri. (Man).