Ketua DPRD Dukung Pelaksanaan Pilkades Kotim

NARDI/BERITA SAMPIT - Ketua DPRD Kotim Rinie.

SAMPIT – Ketua DPRD Kotawaringin Timur (Kotim) Rinie mendukung pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) yang dilaksanakan pada 23 September 2023 mendatang.

“Kita sama mendengar pilkades akan tetap dilaksanakan dan DPRD siap mendukung pelaksanaannya,” kata Rinie, Senin 15 Mei 2023.

Dirinya berharap semoga pilkades berjalan aman lancar dan yang terpilih adalah orang yang betul-betul bertekad membangun desa serta memiliki integritas tinggi.

“Ia juga mengingatkan masyarakat tidak terhasut dengan isu memecah belah, speerti informasi hoax dicari kebenarannya,” ungkap Politisi PDI Perjuangan ini.

BACA JUGA:   Dishub Diminta Kaji Ulang Andalalin Pengelola Parkir SPBU Km 8 Sampit

Tahapan pilkades juga tidak berbenturan dengan pileg KPU Kotim, Pihak pemerintah sudah melakukan rapat dan berkoordinasi dengan aparat Kepolisian setempat selaku pihak keamanan untuk tetap memantau progres dari KPU dengan Pemilu 2024 dan itu memungkinkan untuk dilaksanakan. Jarak waktunya juga masih bisa tidak berbenturan dengan pesta demokrasi.

Diketahui bahwa Pemerintah Kabupaten Kotim menetapkan penyelenggaraan Pilkades serentak di 77 desa dari 16 Kecamatan.

Dalam pelaksanaan nantinya beberapa hal yang perlu menjadi pertimbangan diantaranya adalah ada beberapa kepala desa yang habis masa jabatannya tahun ini.

BACA JUGA:   Pemkab Kotim Diingatkan Jangan Hanya Memikirkan Jalan Dalam Kota Saja

Bupati Kotim Halikinnor menyampaikan sesuai aturan kalau tidak dilaksanakan Pilkades yang berhak menggantikan adalah PNS setempat.

Sementara dominan PNS desa adalah guru dan tenaga kesehatan, dimana tenaga ini masih dibutuhkan untuk pelayanan masyarakat desa-desa.

“Saya minta kepada Camat, Koramil dan OPD desa serta panitia Pilkades untuk aktif bekerja secara maksimal sesuai aturan yang ditelah tentukan untuk menyukseskan Pilkades serentak pada 23 September 2023 mendatang,” pungkas Halikin. (Nardi)