Mahasiswa Sebagai Agen Perubahan Harus Melakukan Kontrol Sosial Terhadap Negeri

IST/BERITA SAMPIT - Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia (KSDM) Suhaemi

PALANGKA RAYA – Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia (KSDM) Suhaemi mengucapkan selamat datang di Bumi Tambun Bungai, Bumi Pancasila, Tanah Berkah untuk Indonesia kepada mahasiswa dari perwakilan 30 Perguruan Tinggi baik Negeri maupun Swasta se-Indonesia.

Diketahui, kedatangan para mahasiswa tersebut dalam rangka kegiatan silaturahmi Nasional Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Fakultas Syariah dan Hukum se-Indonesia yang dilaksanakan di Aula Utama IAIN Palangka Raya, Senin 15 Mei 2023.

“Saya berharap, selain sarana untuk bersilaturahmi, kegiatan ini dapat dijadikan sebagai wadah untuk lebih menggiatkan peran serta eksistensi mahasiswa dan pemuda dalam melakukan perubahan-perubahan di masyarakat dengan membangun moral generasi yang lebih baik, sehingga mampu menyongsong negara yang lebih tertata dan maju,” ucapnya saat membacakan sambutan.

BACA JUGA:   Gubernur Kalteng Gratiskan Makanan di Pasar Ramadan

Ia menambahkan, Kalimantan Tengah yang merupakan Provinsi terluas di Indonesia dengan berbagai potensi Sumber Daya Alam dan Sumber Daya Manusia yang berlimpah di dalamnya, dalam perjalanan pembangunan yang berlandaskan sebuah falsafah yaitu Huma Betang yang memiliki prinsip kejujuran, kebersamaan, kesetaraan, dan kepatuhan terhadap hukum.

“Dengan adanya falsafah Huma Betang ini, perbedaan bukanlah suatu masalah. Bahkan keragaman menjadi semangat untuk hidup berdampingan menyatukan langkah dalam membangun Kalimantan Tengah. Begitu pula dengan Negeri kita tercinta ini, semangat kebhinekaan sangat dibutuhkan dalam pembangunan di segala bidang,” jelasnya.

BACA JUGA:   Wagub Kalteng Tegaskan, Kolaborasi Jadi Penentu Keberhasilan Tambak Udang BERKAH Sukamara

Ia menambahkan, mahasiswa sebagai agen perubahan harus melakukan kontrol sosial terhadap negeri ini, karena perkembangan politik, sosial, dan ekonomi tidak lepas dari peran mahasiswa dan pemuda. Jadikan semangat, disiplin, dan kemampuan menguasai teknologi sebagai bekal untuk membangun Indonesia di masa depan.

“Sebagai generasi penerus bangsa yang sangat dinantikan kontribusinya dalam masyarakat. Maka mahasiswa harus mampu mengimplementasikan keilmuannya dalam akselerasi perubahan menuju kemajuan. Hal ini tentu sejalan dengan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pengabdian kepada masyarakat,” pungkasnya. (Hardi)