Membanggakan, Tiga Atlet Asal Gunung Mas Raih Medali Emas SEA Games di Kamboja

IST/BERITA SAMPIT - Tiga atlet nasional asal Kabupaten Gunung Mas yang meraih medali emas di cabor Traditional Boat Race pada SEA Games 2023 Kamboja.

KUALA KURUN – Atlet Indonesia berhasil meraih medali emas di cabang olahraga (Cabor) Traditional Boat Race (TBR) pada SEA Games 2023 Kamboja. Dalam cabor itu, ada tiga atlet nasional asal Provinsi Kalimantan Tengah khususnya Kabupaten Gunung Mas.

Tiga atlet nasional asal Gunung Mas tersebut adalah Indra Tri Setiawan dari Desa Tumbang Habaon, Kecamatan Tewah yang meraih medali emas di nomor 500 meter 12 crew putra terbuka. Sedangkan Dapit dari Desa Penda Rangas, Kecamatan Kahayan Hulu Utara (Kahut) dan Irwan dari Desa Karetau Sarian, Kecamatan Damang Batu, meraih medali emas di nomor 250 meter 12 crew putra U24.

”Tiga atlet itu menjadi kebanggaan kita. Apa yang sudah diraih oleh atlet ini harus menjadi motivasi untuk atlet-atlet yang lain,” ungkap Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gunung Mas Evandi Juang, Selasa 16 Mei 2023.

BACA JUGA:   Dinas PU Gunung Mas Selesaikan Rekonstruksi Jalan Piere Tendean III di Kecamatan Kurun

Lebih lanjut dikatakannya, sebagai bentuk apresiasi, Pemerintah Kabupaten Gunung Mas harus memberikan penghargaan yang layak kepada ketiga atlet ini, karena mereka telah mengharumkan nama Indonesia, khususnya Kabupaten Gunung Mas.

”Kami tidak ingin pemerintah daerah atau dari Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) setempat beralasan. Harus ada penghargaan yang khusus untuk tiga atlet peraih medali emas ini. Tidak ada salahnya pemerintah daerah memberikan penghargaan lebih kepada mereka sebagai bentuk apresiasi dan menjadi motivasi untuk atlet-atlet yang lain” tuturnya.

BACA JUGA:   Kementerian PUPR Hibahkan BMN ke Gunung Mas Senilai Rp8.7 Miliar

Saat ini, sedang disusun Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang keolahragaan, dalam peraturan itu, para atlet akan dibina oleh pemerintah daerah. Apabila berprestasi, akan diberikan penghargaan seperti beasiswa dan peluang pekerjaan.

”Dengan capaian tiga atlet tersebut, kami meminta kepada pemerintah kabupaten Gunung Mas untuk lebih memperhatikan atlet muda potensial di berbagai cabang olahraga sehingga mereka mampu berprestasi hingga ke tingkat internasional,” sebutnya.

Politikus Partai Nasional Demokrat (Nasdem) ini menyarankan, jika pemerintah daerah serius membangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas. Salah satu yang perlu diperhatikan itu adalah di bidang olahraga. ”Dengan olahraga, akan mampu mengalihkan generasi muda ke kebiasaan yang positif,” tutup Evandi Juang. (Ale)