Dapil V Kotim Zona Pembuktian Politik Mantan Kades Hingga Anak Pejabat

NARDI/BERITA SAMPIT- Proses pengajuan berkas Bacaleg Partai Gerindra di KPU Kotim.

SAMPIT – Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024 menarik hati para Kepala Desa (Kades) sehingga mereka rela mundur dari jabatannya dan memilih maju sebagai bakal calon anggota legislatif (Bacaleg), terutama di Daerah Pemilihan (Dapil) V Kotim yang meliputi Kecamatan Parenggean, Telaga Antang, Antang Kalang, Tualan Hulu, Mentaya Hulu, dan Bukit Santuai.

Di Dapil ini banyak Kades aktif hingga mantan Kades yang ikut bertarung, bahkan sejumlah Kepala Desa juga sudah membuktikan dirinya mampu duduk di lembaga legislatif di periode sebelumnya bahkan bisa dikatakan mengalahkan level para mantan birokrat, seperti dari delapan anggota DPRD Kotim yang duduk dari Dapil V berasal dari Kepala Desa, diantaranya M Abadi, Juliansyah, Nadie, dan Anang Kapelius (almarhum).

Kini sejumlah Kades mengikuti jejak mereka, ikut berkompetisi pada Pileg 2024 mendatang. Tidak hanya itu di Dapil ini juga ada nama mantan birokrat hingga anak pejabat, seperti dari PKB, mereka masih memasang incumbent yakni M Abadi merupakan mantan Kades.

Dari Partai Golkar ada Nadie, kemudian Ketua DPC Gerindra Juliansyah juga maju di Dapil V yang juga berlatar belakang Kades. Tidak hanya mereka di Dapil ini juga ada nama Kades lainnya yakni Seto Hadi gabung di PDIP, Bambang bersama Demokrat, Rahmad bersama Nasdem, Sambut di Perindo.

BACA JUGA:   Gabungan Komunitas Bagikan Takjil dan Buka Puasa Bersama Anak Panti Asuhan Bahagia

Sementara itu, ada nama Sutimin yang merupakan mantan birokrat, serta anak dari Camat Tualan Hulu Admadisastra yakni Yosa Widya Sytra. Selain itu ada putra Redy Setiawan mantan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kotim, yakni Jose Andre Dayasakti di Gerindra.

Pertarungan di Dapil V diprediksi bakal seru, karena mereka juga akan berhadapan dengan para incumbent lainnya seperti dari PDIP ada Rimbun yang sekarang akan maju di Dapil V, sebelumnya ia maju di Dapil IV. Di PAN ada Hairis Salamad yang saat ini menjadi Wakil Ketua II DPRD Kotim.

“Dapil V menjadi tantangan tersendiri karena untuk meraih suara perlu perjuangan, medan jalan yang sulit dari desa ke desa, jaraknya juga jauh perlu semangat juang tinggi,” ucapnya.

BACA JUGA:   Pesan Menohok Pelaku UMKM di Sampit ke PLN karena Listrik Sering Padam saat Ramadan

Partai Perindo ada Hendra Sia yang merupakan incumbent, siap maju untuk periode kedua. “Atas dorongan masyarakat dan masih banyak yang harus diperjuangkan di dapil V, maka saya maju kembali,” kata Hendra.

Demokrat masih ada nama Dadang Prianto yang kembali maju di dapil V dan diajukan sebagai PAW almarhum Anang Kapeliyus, ditambah sejumlah nama lainnya.

Di dapil ini juga masih ada nama H Abdul Sahid mantan anggota DPRD Kotim kini bergabung di Golkar serta sejumlah tokoh adat, pemuda hingga tokoh masyarakat lainnya seperti M Jais dari Demokrat, Hamdi Supriadi, Werhan Aswin dari Hanura, Suparjoe dari Nasdem, Marthin Theodinata dari PDIP, Agus Sanang, Simpei D Marang di Golkar, serta mantan anggota DPRD Kotim Ninik Karmila, Atim Setiono dari Gerindra.

Namun demikian partai lainnya juga siap merebut kursi di Dapil V yang sekarang bertambah menjadi sembilan kursi seperti PKS, Hanura, PBB, PSI, Gelora, PPP dan Partai Ummat. (Nardi).