Putra Putri Terbaik Kalteng Ikuti Pertukaran Pemuda Antar Provinsi Kemenpora Tahun 2023

HASAN/BERITA SAMPIT - Delegasi Kalteng Ryannor dari Kabupaten Kapuas dan Siti Akobah dari Kabupaten Kotawaringin dalam Kegiatan Pertukaran Pemuda Antar Provinsi Kemenpora 2023 (PPAP 2023) Hasan

KUALA KAPUAS – Ryannor dari Kabupaten Kapuas dan Siti Akobah dari Kabupaten Kotawaringin Barat berhasil menjadi Delegasi Provinsi Kalimantan Tengah dalam kegiatan Pertukaran Pemuda Antar Provinsi (PPAP) tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Kalimantan Tengah bersama Purna Prakarya Muda Indonesia Kalimantan Tengah (PPMI Kalteng) pada tanggal 2-4 Mei 2023 di Kantor Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Tengah.

Pertukaran Pemuda Antar Provinsi merupakan program yang dibentuk oleh Kemenpora RI melalui Deputi Bidang Pengembangan Pemuda. PPAP ini salah satu program untuk mengembangkan generasi muda guna memperluas pengetahuan dan wawasan, sekaligus mempersiapkan generasi muda dalam menghadapi tantangan global di masa mendatang serta mengeksplor generasi penerus bangsa dalam pemberdayaan dan pengembangan desa, dengan harapan setelah berakhirnya kegiatan ini bisa menghasilkan pemuda-pemudi perwakilan masing-masing provinsi dapat berkontribusi kembali di provinsi tempat mereka berasal untuk pengembangan dan pemberdayaan lokasi daerah.

Kegiatan PPAP ini sendiri mempunyai beberapa tahapan seleksi karena menyaring beberapa peserta dari seluruh Kabupaten/kota yang ada di Provinsi Kalimantan Tengah. Kemudian jumlah peserta Final yang mengikuti kegiatan seleksi PPAP di tingkat Provinsi berjumlah sebanyak empat (4) orang Putra dan empat (4) orang Putri, para peserta tersebut kemudian melaksanakan seleksi yang dilakukan oleh Dispora Provinsi Kalteng dan juga PPMI Kalteng berupa tes tertulis, tes pengetahuan kebudayaan, tes wawasan kebangsaan (TWK), tes pengetahuan umum, presentasi project plan, serta wawancara.

BACA JUGA:   Edy Pratowo Salurkan Beras Subsidi untuk Pasar Murah di Kabupaten Kapuas

“Kesan saya mengikuti PPAP 2023 yang akan datang ini sebagai delegasi dari Kalimantan Tengah tentunya sangat bangga dan senang, serta sangat antusias untuk mengikuti program PPAP nantinya, yang akan bertemu dengan pemuda perwakilan provinsi lain. Tentu ini menjadi peluang untuk memperkenalkan Kalimantan Tengah, dan juga memperluas relasi serta kesempatan dalam kegiatan positif kedepannya” tutur Siti Akobah perwakilan putri dari Kabupaten Kotawaringin Barat.

Hal serupa juga disampaikan oleh Ryannor perwakilan putra dari Kabupaten Kapuas mengenai program Kemenpora PPAP 2023 ini “Adanya kegiatan ini semoga menjadi wadah untuk bisa terus mengembangkan diri dan membangun koneksi antar provinsi se-Indonesia dengan saling bertukar pikiran dan memperluas pengetahuan yang kemudian bisa mampu menerapkan gagasan atau inovasi baru dari provinsi lain ke provinsi sendiri, tentunya ada perasaan senang dan harus mempersiapkan diri terlebih dahulu sebelum kegiatan PPAP 2023 dimulai,” katanya, Sabtu 20 Mie 2023

BACA JUGA:   Edy Pratowo Salurkan Beras Subsidi untuk Pasar Murah di Kabupaten Kapuas

Dalam kegiatan PPAP 2023 ini seluruh Pemuda dan Pemudi perwakilan masing-masing provinsi akan ditempatkan sesuai lokasi penempatan tuan rumah tahun ini. Untuk tuan rumah tahun ini dibagi menjadi 2 Provinsi, Provinsi Riau sebagai tuan rumah Zona Barat dan Provinsi Kalimantan Selatan sebagai Zona Timur.

Noveria Since Sabarina selaku Ketua PPMI DPD Kalteng sekaligus panitia seleksi PPAP tingkat Provinsi Kalteng menyambut baik atas keikutsertaan Ryannor dan Siti Akobah di kegiatan PPAP yang akan datang.

“Selamat dan Sukses untuk Ryan dan Siti yang sudah terpilih sebagai Delegasi Kalimantan Tengah dalam Pertukaran Pemuda Antar Provinsi, semoga selalu diberikan kesehatan dan kelancaran untuk kesiapan sampai dengan kegiatan yang akan berlangsung nanti,” tandasnya.

Jadilah pemuda dan pemudi terbaik yang akan mengharumkan Kalimantan Tengah ditingkat Nasional dan tetap jalin silaturahmi bersama PPMI maupun Dispora Kalteng dari awal proses sampai dengan kegiatan selesai.

(Hasan)