Peringati Hari Jadi Kalteng ke-66 Tahun, Bupati Kotim: Dukungan SDA yang Luas Masyarakat Kalteng Makin Sejahtera

IBRAHIM/BERITA SAMPIT- Bupati Kotim Halikinnor usai memimpin upacara hari jadi Kalteng ke-66 tahun.

SAMPIT – Bupati Kotawaringin Timur Halikinnor memimpin langsung upacara Peringatan Hari Jadi ke-66 Provinsi Kalimantan Tengah sekaligus Peringatan Hari Kebangkitan Nasional di Halaman Kantornya pada Selasa 23 Mei 2023.

Halikinnor menyampaikan perayaan jadi Kalteng ke -66 dilakukan secara bersamaan oleh seluruh Kabupaten di Kalteng. Dirinya pun berharap diusia Kalteng ini dapat semakin maju termasuk Kabupaten Kotim.

“Hari ini kita memperingati dua hari besar sekaligus, pertama Hari Kebangkitan Nasional dan kedua, Hari Jadi Provinsi Kalteng ke-66 tahun,” ujar Halikinnor saat memimpin upacara.

Menurutnya Momen hari bersejarah bagi masyarakat Kalimantan Tengah ini tentu tidak boleh sekadar diperingati meriah saja, tetapi harus kita resapi nilai dan makna luhurnya, untuk terus memupuk semangat kebersamaan dalam keberagaman, dengan menjunjung Falsafah Huma Betang, bahu-membahu menjadikan Kalimantan Tengah Bangkit.

“Semakin berkah juga karena posisi Kalteng saat ini sudah merupakan provinsi terluas di Indonesia setelah Papua dimekarkan kembali. Jadi mudah-mudahan dengan luasnya wilayah dengan sumber daya alam yang sangat mendukung itu harapan kami Kalimantan Tengah ke depan semakin jaya, masyarakat sejahtera,” lanjutnya.

BACA JUGA:   Penumpang Kapal dari Pelabuhan Sampit ke Pulau Jawa Disebut Melonjak

Lanjut Halikin, berkat sinergi dan kolaborasi kita bersama, ujian berat Pandemi COVID-19 yang melanda 3 tahun terakhir sudah bisa dikendalikan, sehingga Hari Jadi Provinsi Kalteng tahun 2023 ini dapat kita peringati lebih khidmat dan meriah.

“Meski masih di tengah Pandemi, sejumlah indikator tahun pembangunan Kalimantan Tengah pada menunjukkan capaian yang cukup baik, antara lain: 2022 Perekonomian tumbuh sebesar 6,45 persen, lebih tinggi daripada tahun 2021 yang sebesar 3,59 persen,” jelasnya.

Sementara persentase kemiskinan Provinsi Kalimantan Tengah di angka 5,22 persen, masuk 5 besar Provinsi dengan angka kemiskinan terendah se-Indonesia. Begitu juga dengan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) tahun 2022 mencapai 71,63, meningkat 0,38 dibanding 2021 yang di angka 71,25.

BACA JUGA:   Lihat Kondisi Jalan Rusak Mentaya Hulu, Bupati Kotim Langsung Instruksikan Perbaikan

Selain itu, laju inflasi yang sempat tinggi di akhir tahun 2022 sudah mulai bisa kita kendalikan. Pada momentum Ramadan dan Lebaran di bulan April 2023, inflasi Kalimantan Tengah turun menjadi 4,85 persen, yang sebelumnya di bulan Maret 2023 mencapai 5,62 persen.

“Kalteng semakin dan maju sehingga saat ini menempatkan inflasi Kalimantan Tengah terendah kedua di Kalimantan,” pungkasnya.

Peringatan Hari jadi Kalteng ini bersamaan untuk seluruh Kabupaten di Kalteng. Untuk memeriahkan Peringatan Hari Jadi tahun ini, berbagai rangkaian kegiatan dilaksanakan, mulai dari Anjangsana, Upacara Ziarah dan Tabur Bunga, Kalteng Expo, Kalteng Job Fair Festival Budaya Isen Mulang, dan Kamaval Budaya, serta perlombaan dan kegiatan lainnya yang dipusatkan di Palangka Raya. (Ibra)