Selama Berlangsung Kalteng Expo 2023 Stand Kobar Banyak Mengundang Perhatian Pengunjung, Ini Sebabnya

IST/BERITA SAMPIT - Inilah salah satu stand Kabupaten Kobar di Kalteng Expo 2023 yang setiap selama berlangsung, banyak dikunjungi para pengunjung. 

PANGKALAN BUN – Sejak Kalteng Expo dibuka oleh Wakil Gubernur H.Edy Prabowo, Rabu 17 Mei 2023, dan ditutup oleh Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Nuryakin mewakili Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran, Minggu 21 Mei 2023, ternyata selama berlangsung Kalteng Expo 2023 yang digelar Arena Pameran Tumenggung Tilung Kota Palangka Raya, stand Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar ), banyak mengundang perhatian para pengunjung, lantaran memiliki penampilan tersendiri.

“Yang ditampilkan dalam pameran berbagai kerajinan, juga kepada para pengunjung memberikan progam unggulan dan destinasi wisata daerah,“ kata  Kabid Perdagangan Disperindagkop UKM Kobar Muhamad Suhendra, saat dikonfirmasi, Selasa 23 Mei 2023.

BACA JUGA:   Bank Kalteng Pangkalan Bun Bersama PIP Berbagi Berkah Takjil di Bulan Ramadan

Menurut M Suhendra, Kabupaten Kobar sendiri di Kalteng Expo 2023, diwakili  Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop UKM) serta Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kobar ikut serta dan berpartisipasi menyemarakkan Kegiatan Kalteng Expo 2023 yang berlokasi di Arena Pameran Tumenggung Tilung Kota Palangka Raya.

Dalam kesempatan tersebut, selain memberikan informasi pelaku UMKM dari beberapa wilayah di Kobar diberikan ruang khusus untuk mempromosikan dan menjual produk unggulan yang dimilikinya.

“Di stand Kabupaten Kobar yang ada di Kalteng Expo 2023 ini, kami melibatkan UMKM Binaan Disperindagkop UKM, sebagai upaya pengembangan usaha mereka,” ujar M Suhendra.

Seraya mengungkapkan, dalam kesempatan tersebut pihaknya membawa beberapa orang pengrajin UMKM dari wilayah Kobar. Disamping itu, ada juga UMKM yang menitipkan barangnya aja untuk dipamerkan dan dijual di Kalteng Expo.

BACA JUGA:   Antisipasi Praktik Curang, Satreskrim Polres Kobar Cek Tiga SPBU

Adapun produk hasil kerajinan tangan yang dipamerkan berupa tas anyaman dari Purun, Lesung dari Kayu Ulin, Ulekan/Cobek dari Kayu Ulin, Batik khas Kobar, produk-produk makanan dari UMKM dan IKM seperti Amplang, Kerupuk, Stik Ikan, Keripik Pisang, Ikan Asin dan lain-lain.

“Alhamdullilah, stand Kabupaten Kobar di Kalteng Expo 2023 cukup berhasil, memamerkan dan mempromosikan prudk-produk unggulan. Diharapkan pada Kalteng Expo tahun depan Stand Expo Kobar lebih meningkat produk-produk yang akan dipamerkannya,“ pungkas M Suherndra. (Man)