Kapolsek Sematu Jaya Imbau Masyarakat Waspada Uang Palsu

IST/BERITA SAMPIT : Kapolsek Sematu Jaya Iptu Marzuki saat memberikan himbauan kepada warga.

NANGA BULIK – Kepala Polisi Sektor (Polsek) Sematu Jaya, menghimbau kepada masyarakat untuk waspada terhadap peredaran uang palsu yang baru ditemukan beberapa hari yang lalu.

Kapolres Lamandau AKBP Bronto Budiyono melalui Iptu Marzuki mengatakan, sasaran untuk peredaran uang palsu karena adanya jual beli yang meningkat, dan dimanfaatkan oleh oknum untuk mengedarkan uang palsu.

“Tidak menutup kemungkinan beredar uang palsu oleh oknum yang tidak bertanggung jawab,” katanya, Jumat 26 Mai 2023.

BACA JUGA:   Kisah Penggelapan Uang dan Judi Online Kasir Perusahaan PT Hutanindo Lestari Raya Timber

Ia membeberkan bahwa beberapa waktu lalu juga menemukan peredaran uang palsu saat hendak melakukan setor tunai di BRI Unit Sematu Jaya.

“Kita mendapat laporan juga dari warga Sematu Jaya. Bahwa, pemilik toko sembako saat mau kirim uang tunai terdapat uang palsu transaksi setor tunai melalui mesin ATM,” jelasnya.

Lanjutnya, saat melakukan transaksi setor tunai ATM terdapat 2 (dua) lembar uang pecahan 100.000 yang selalu di tolak oleh mesin ATM.

BACA JUGA:   Tingkat Kejahatan di Kabupaten Lamandau Turun Drastis

“Kemudian Saudari Z melapor kepada Satpam BRI Unit Sematu Jaya, selanjutnya dilakukan pengecekan melalui sinar Ultra Vioket dan diketahui bahwa 2 (dua) lembar uang pecahan Rp100.000 tersebut palsu,” tuntasnya.

Marjuki juga berharap kepada masyarakat dari kejadian tersebut untuk jangan ragu untuk menolak uang yang dicurigai palsu, dan jika ada kecurigaan, laporkan ke polisi atau pihak berwenang setempat jika menemukan uang palsu. (Andre)