Pemkab Lamandau Antisipasi Karhutla Musim Kemarau

IST/BERITA SAMPIT - Kebakaran yang terjadi beberapa tahun lalu saat kemarau.

NANGA BULIK – Memasuki musim kemarau, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamandau mulai antisipasi menghadapi ancaman kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

“Pemkab sudah melakukan persiapan terkait antisipasi terjadinya Karhutla di Kabupaten Lamandau,” ucap Bupati Lamandau, Hendra Lesmana, Rabu, 31 Mei 2023.

Hendra mengaku pihaknya terus melakukan konsolidasi kesiapan dan pengecekan sarana prasarana yang dimiliki Pemkab Lamandau maupun perusahaan perkebunan kelapa sawit.

BACA JUGA:   Rayakan Kemenangan, Tim Paslon Prabowo-Gibran Kabupaten Lamandau Gelar Syukuran 

Alat pemadam kebakaran, tangki air damkar, pompa jinjing, apar, gepyok, embung, tower pantau api, tim penjinak api, petugas damkar serta relawan sudah dilakukan pengecekan untuk memastikan semua telah siap.

“Pemkab Lamandau siap mengantisipasi datangnya musim kemarau dalam hal pencegahan dan penanggulangan Karhutla,” tegasnya.

Terpisah, Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lamandau, Gustoni mulai mengintensifkan patroli di daerah rawan Karhutla.

BACA JUGA:   Antisipatif Penyalahgunaan Senjata Api Dinas, Kapolres Lamandau Gelar Pemeriksaan

BPBD juga terus melakukan edukasi larangan dan ancaman sanksi tegas yang diterapkan terhadap masyarakat maupun perusahaan yang membakar lahan dengan sengaja dan sosialisasi tentang dampak kebakaran hutan. (Andre).