1999 Mahasiswa UPR Akan Ikuti KKN Reguler Periode I Tahun 2023

RAHUL/BERITASAMPIT - Ratusan mahasiswa saat mengikuti Pembekalan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler Universitas Palangka Raya Periode I Tahun 2023 secara daring melalui zoom meeting, Senin, 12 Juni 2023.

PALANGKA RAYA – Sebanyak 1999 Mahasiswa dan Mahasiswi Universitas Palangka Raya (UPR) akan ikuti Kuliah Kerja Nyata Reguler (KKN-Reguler) Periode I Tahun 2023.

Hal tersebut disampaikan Ketua Panitia KKN Reguler Periode I Tahun 2023, Dr. Niar, SE.,M.Si saat menyampaikan laporan pada pembukaan kegiatan pembekalan KKN Reguler Periode I Tahun 2023, yang dilaksanakan secara daring, Senin, 12 Juni 2023.

Dr. Niar, SE.,M.Si mengatakan bahwa KKN Reguler Periode I Tahun 2023, sesuai dengan Surat Keputusan Rektor Universitas Palangka Raya Nomor 3376/UN24/KP/2023 tentang pembentukan panitia KKN Reguler UPR Periode I Tahun 2023.

Ia juga menjelaskan bahwa secara substansial bahwa KKN Reguler ini sama dengan KKN sebelumnya, namun saat ini KKN diselenggarakan dengan melalui program MBKM setara dengan 20 SKS (Satuan Kredit Semester).

“Untuk diketahui Ketua LPPM UPR beserta Panitia KKN Reguler sebelumnya sudah melaksanakan Roadshow (kunjungan) kebeberapa Kabupaten yang menjadi tempat KKN. Pemerintah setempat juga menerima dan siap mesukseskan KKN UPR,” ungkapnya.

BACA JUGA:   BEM UPR Dukung Kejari Palangka Raya Usut Tuntas Dugaan Korupsi di Pascasarjana

Ia juga mengungkapkan bahwa tahun ini mengusung tema KKN Membanun Desa, sehingga berdasarkan tema tersebut dirumuskan 12 program yang akan menjadi acuan pelaksanaan KKN Reguler Periode I Tahun 2023.

“Diantaranya identifikasi permasalahan lahan dan teknologi, Penguatan Kapasitas Kelembagaan Petani, Identifikasi Sosial Bidaya dan Kearifan Lokal, Peningkatan dan Penghargaan terhadap kearifan lokal dan budaya serta manfaatnya bagi masyarakat dalam sosial ekonomi, Identifikasi program SDGs Desa, Peningkatan kapasitas masyarakat dan kelembagaan, Aksi penguatan mendukung SDGs Desa bersama masyarakat, Identifikasi Dampak Covid-19 terhadap perekonomian masyarakat, Identifikasi status prevelensi Stunting desa dan pencegahan stunting, Aksi penguatan ekonomi masyarakat, dan Aksi pencegahan dan penanggulangan stunting,” bebernya

Ia juga berharap dengan adanya KKN dapat memberikan manfaat bagi mahasiswa terkait dengan kesadaran diri terhadap realitas kehidupan masyarakat dan juga meningkatkan kepekaan sosial terhadap penyelesaian masalah yang dihadapi oleh masyarakat dan mampu meningkatkan kesadaran diri sebagai akademisi ditengah-tengah lingkungan masyarakat.

BACA JUGA:   Tidak Sampai Tiga Hari Jalan B. Koetin Kembali Rusak

“Pada tahun ini KKN Reguler Periode I Tahun 2023 diikuti sebanyak 1999 mhasiswa dan ini merupakan angka yang luar biasa dan akan melibatkan 133 dosen pembimbing lapangan atau DPL,” sebutnya.

133 DPL tersebut akan membimbing mahasiswa di 133 Desa dengan sebaran wilayah, Kabupaten Kapuas 29 Desa dengan 435 mahasiswa, Kabupaten Gunung Mas 34 Desa dengan 525 mahasiswa, Kabupaten Katingan 30 Desa dengan 450 mahasiswa, Kabupaten Pulang Pisau 40 Desa dengan 589 mahasiswa dan akan dilaksanakan mulai 19 Juni hingga 19 Agustus 2023.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada Rektor beserta Wakil Rektor, Dekan dan Dosen Pembimbing Lapangan yang telah mendukung pelaksanaan kegiatan KKN Reguler Periode I Tahun 2023 ini,” tutupnya.

(Rahul)