Pemkab Mura Gelar Apel Kesiapsiagaan untuk Antisipasi Bahaya Karhutla

LULUS/BERITA SAMPIT- Bupati Murung Raya, Perdie M. Yoseph memimpin apel siaga Karhutla tahun 2023.

PURUK CAHU – Bupati Murung Raya Perdie M. Yoseph memimpin apel siaga Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang dilaksanakan dihalaman kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat, Selasa 13 Juni 2023.

Dalam amanatnya, orang nomor satu di Bumi Tana Malai Tolung Lingu itu menyampaikan, bahwa badan meteorologi klimatologi dan geofisika (BMKG) memprediksi Indonesia akan mengalami elnino pada tahun 2023.

“Fenomena ini juga menyebabkan kemarau panjang atau mundurnya musim penghujan, indikasi ini mengacu pada tiga tahun berturut-turut dan menyebabkan potensi kebakaran hutan, maka perlu langkah-langkah pencegahan,” kata Perdie.

BACA JUGA:   Doni Siap Bertarung di Pilkada Murung Raya 

Oleh karena itu, lanjut Perdie, Pemda bersama TNI/Polri dan instansi terkait mempunyai peran penting, harus mampu memperdayakan kekuatan personel dan peralatan sehingga dapat di gerakkan pada situasi apapun dan mampu memberikan yang terbaik dalam penanggulangan kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Murung Raya.

“Untuk itulah perlunya dilaksanakan apel gelar kesiapsiagaan untuk mengantisipasi bahaya kebakaran hutan dan lahan, peran serta pemerintah daerah dan tidak terlepas dari sinergitas TNI-Polri dalam komitmen keamanan dan ketertiban masyarakat Kabupaten Murung Raya pada khususnya,” jelas Perdie.

BACA JUGA:   Pasar Murah Kalteng, Patok Harga Beras 10 Kg Cukup Bayar Rp20.000

Apel itu juga dihadiri Wakil Bupati Murung Raya Rejikinoor, Kapolres Murung Raya AKBP Irwansah Kalaksa BPBD Fitrianul Fahriman, Kasat Pol PP K Zen Wahyu, Camat Murung Ivan Sugita, Camat Permata Intan Dommy Joan Eka Dinata, Danramil 1013/07 Puruk Cahu, Damkar, Brigade, perwakilan dari Perusahaan dan tamu undangan.

Usai melaksanakan apel gelar pasukan, Bupati Perdie didampingi Wakil Bupati Murung Raya Rejikinoor beserta jajaran kepala OPD dan Kapolres melakukan pengecekan peralatan Sarpras Karhutla.(Lulus)