DPKUKMP Berikan Pelatihan Manajerial Bagi Pengurus Koperasi di Kota Palangka Raya

IST/BERITASAMPIT - Foto bersama Kepala DPKUKMP Kota Palangka Raya, Samaul Rizal dengan peserta pelatihan Manajerial Koperasi, bertempat di Ballroom Royal Global Hotel Palangka Raya, Selasa, 13 Juni 2023.

PALANGKA RAYA – Dinas Perdagangan, Koperasi, UKM dan Perindustrian (DPKUKMP) Kota Palangka Raya menggelar pelatihan manajerial bagi pengurus koperasi se-Kota Palangka Raya di Ballroom Royal Global Hotel Palangka Raya, Selasa, 13 Juni 2023.

Kegiatan ini merupakan pelaksanaan kedua kalinya yang diikuti 40 peserta koperasi dan dibuka secara resmi kepala DPKUKMP Kota Palangka Raya, Samsul Rizal.

Dalam sambutannya, Samsul Rizal mengatakan kegiatan pelatihan ini dilaksanakan untuk menggeliatkan kembali koperasi yang terdampak pandemi Covid-19 dan salah satu di antaranya melalui implementasi Undang-undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang cipta kerja dan Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 2021 tentang kemudahan perlindungan dan pemberdayaan Koperasi dan UMKM.

BACA JUGA:   Pencurian Modus Pecahkan Kaca Mobil, Uang dan Laptop Milik Perempuan di Palangka Raya Raib usai Membeli Takjil

“Melalui regulasi tersebut telah diatur berbagai kemudahan antara lain kemudahan pendirian koperasi, pengaturan usaha koperasi berprinsip syariah, usaha koperasi secara serba usaha, kemudahan dalam rapat anggota yang dapat dilakukan secara daring, serta buku daftar anggota yang dapat berbentuk dokumen elektronik,” ucapnya.

Saat ini kebijakan dan program yang mendukung transformasi koperasi juga dilakukan melalui program modernisasi koperasi, penguatan pengawasan koperasi, pembiayaan penjaminan koperasi, dan pengembangan SDM perkoperasian.

BACA JUGA:   DPMPTSP Melaksanakan Program Rutin Ramadan Berbagi

Dirinya menambahkan perlu adanya perubahan mindset pada generasi milenial dan juga masyarakat terhadap koperasi, tata Kelola koperasi yang inovatif dan adaptif dengan perkembangan sehingga dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat.

Melalui pelatihan ini, Samsul Rizal berharap dapat meningkatkan kemampuan pengurus, pengelola dan pengawas koperasi khususnya di Kota Palangka Raya.

“Dari segi peserta juga diharapkan mengalami peningkatan omzet, aset dan tenaga kerja perluasan pangsa pasar dan peningkatan ekonomi bagi pelaku koperasi,” pungkasnya. (Rahul)