Masyarakat di Seruyan Diminta Berperan Aktif Cegah Karhutla

IST/BERITASAMPIT - Ketua DPRD Seruyan Zuli Eko Prasetyo.

KUALA PEMBUANG – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan mengimbau, kepada seluruh masyarakat agar ikut berperan aktif dalam mencegah dan menanggulangi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Ketua DPRD Seruyan Zuli Eko Prasetyo mengingatkan kepada seluruh masyarakat yang berada di Bumi Gawi Hatantiring agar tidak membuka lahan dengan cara membakar.

“Harapan saya juga masyarakat untuk berperan aktif menjaga, jangan sampai melakukan kegiatan yang sifatnya membakar lahan, karena tentunya akan merugikan kita semua,” kata Eko, Rabu 14 Juni 2023.

BACA JUGA:   Susun Jadwal, DPRD Gelar Banmus bersama Eksekutif

Selain itu, lanjut Eko, pihaknya sering menjalin komunikasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Seruyan dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) untuk memantau terkait jumlah hotspot yang dapat menimbulkan terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

“Kita bersyukur karena berbeda dengan kemarau pada tahun-tahun sebelumnya yang benar-benar kering dan menimbulkan atau memunculkan hotspot di beberapa titik di Kabupaten Seruyan. Terutama di wilayah gambut dan ini karena agak basah sehingga titik munculnya hotspot agak berkurang,” ujarnya.

BACA JUGA:   Susun Jadwal, DPRD Gelar Banmus bersama Eksekutif

Menurut Eko, upaya pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Seruyan tidak hanya menjadi tanggungjawab pemerintah semata, akan tetapi diperlukan kesadaran masyarakat untuk berkolaborasi mencegah Karhutla.

“Karena urusan Karhutla ini menjadi tanggungjawab bersama, untuk itu sangat diperlukan sinergitas dari seluruh elemen masyarakat,” pungkasnya.