Terima Kunjungan Kementerian, SMPN 1 Katingan Hilir Komitmen Wujudkan Sekolah Ramah Anak

IST/BERITA SAMPIT - Kepala Sekolah SMPN 1 Katingan Hilir saat berdialog dengan dinas terkait dalam menerima kunjungan pihak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Selasa 14 Juni 2023

KASONGAN – Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Kecamatan Katingan Hilir Kabupaten Katingan ditunjuk menjadi salah satu sekolah ramah anak (SRA) sejak tahun 2019 hingga sekarang.

Kepala Sekolah SMPN- 1 Katingan Hilir Salapuddin mengatakan pihaknya berkomitmen untuk mewujudkan sekolah ramah anak. Hal itu, dia ungkapkan saat menerima kunjungan kerja dari pihak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia (PPPA), Selasa 14 Juni 2023 lalu.

Kunjungan pihak kementerian PPPA di Kabupaten Katingan dalam rangka melakukan verifikasi tentang kabupaten layak anak dengan meninjau langsung sekolah yang telah ditetapkan sebagai sekolah layak anak, salah satunya di SMPN 1 Katingan Hilir yang beralamat di jalan revolusi No. 130 Kasongan.

SMPN 1 Katingan Hilir dinilai telah memenuhi panduan SRA. Dimana sekolah SRA merupakan sekolah yang memiliki sifat aman, bersih, peduli, dan berbudaya lingkungan hidup, serta melindungi hak anak serta perlindungan anak sekolah dari segala bentuk diskriminasi dan kekerasan di bidang pendidikan.

BACA JUGA:   Pemkab Katingan Gelar Forum Konsultasi Publib RKPD

“Sekolah  kami telah ditunjuk sebagai sekolah ramah anak sejak tahun 2019, oleh dinas pemberdayaan perempuan dan anak Kabupaten Katingan, ini merupakan suatu kehormatan bagi kami, sehingga terus berbenah dengan memenuhi beberapa syarat sebagai sekolah ramah anak, seperti tidak menanam tumbuhan berduri, membuat taman belajar serta memberi label setiap tanaman yang ada di sekolah,” ungkap Salapuddin. Kamis, 14 Juni 2023.

Sebagai salah satu sekolah favorit di Kota Kasongan SMPN 1 Katingan Hilir juga telah terakreditasi A,. Sekolah ini  juga memiliki berbagai prestasi di ekstrakurikuler.   Disamping sebagai sekolah ramah anak SMPN1 Katingan Hilir juga memiliki predikat sebagai  sekolah Adiwiyata dan satu satunya sebagai  sekolah rujukan di Kabupaten Katingan.

Salapuddin menambahkan penerapan SRA ini tidak hanya bisa mengandalkan peran dari pihak guru dan sekolah saja, melainkan juga dari siswa, orang tua, serta masyarakat. Dia berharap peran semua pihak bisa dan komitmen bersama bisa menjadikan SMPN1 Katingan Hilir sebagai pilot projek pusat pengembangan pelajar kedepannya.

BACA JUGA:   Pemkab Katingan Imbau Perusahaan Swasta Perhatikan Pembayaran THR Karyawan

“Kami berterima kasih atas kunjungan dari kementerian dan dinas terkait yang ada di Kabupaten Katingan yang selama ini telah mempercayakan kami sebagai salah satu sekolah RPA. Tentu evaluasi dan saran untuk pengembangan sekolah SMPN1 Katingan Hilir akan terus kami lakukan dan komitmen untuk menuju perbaikan,” pungkasnya.

Di akhir kunjungananya pihak Kementerian PPPA  berpesan untuk terus meningkatkan dan membenahi segala kekurangan yang ada untuk menjadi sekolah ramah anak yang bersandar dan bersertifikat nasional.

Turut hadir pada kunjungan tersebut kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak Provinsi Kalimantan Tengah, pihak kejaksaan Palangka Raya , Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak Kabupaten Katingan dan Kabid SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Katingan.

(Kawit)