Menunggu Perbaikan dari Pemkab Kobar Lama, Sebagian Warga RT 08 Perumahan Beringin Rindang Swadaya Cor Jalan Pakai Semen dan Pasir.

MAN/BERITA SAMPIT : Foto (Inzet) Aryadi Sekretaris RT 08, dan Inilah Jalan Semangka 1 dan 2, yang telah selesai direhab dengan swadaya warga RT.08. Dan nampak warga juga sedang kerja bakti malam hari, mengeruk tanah didalam parit yang sudah dangkal. 

PANGKALAN BUN – Warga masyarakat Perumahan Beringin Rindang, yang jalan dan gang besarnya diberi nama berbagi jenis buah-buhan di RT 08 Desa Pasir Panjang, yang terletak  disamping Kantor DPRD Kobar Jalan HM. Rafii Pangkalan, setelah berswadaya membeli puluhan tiang lampu listrik, yang sekarang  kalau malam terang benderang.

Menyusul warga masyarkat Jalan Semangka 01 dan 02 RT 08, yang dikomandoi Sekretaris RT 08 Aryadi, kembali berswadaya alias gotong royong/patungan membeli semen dan pasir, untuk menembok 2 Jalan tersebut, yang sekarang tampak lumayan cukup rapih dan bersih.

“Menunggu perbaikan dari Pemkab Kobar cukup lama, akhirnya kami bersama warga rumbukan gotong royong atau berswadaya membeli semen dan pasir untuk mengecor jalan yang rusak . Alhamdullilah sekarang kedua jalan tersebut  sudah lumayan kelihatan bagus dan bersih,“ kata Aryadi, Rabu malam 14 Juni 2023, saat  sebagian warga kerja bakti mengeruk aliran parit yang sudah dangkal, dekat Pos Siskamling.

BACA JUGA:   Dirut Perumdam Tirta Arut Sapriansyah: Buka Puasa Bersama dan Pemberian Santunan Kepada Anak Yatim Sebagai Wujud Rasa Sukur

Menurut Aryadi, pihaknya memaklumi kalau Pemkab Kobar sudah cukup lama membiarkan beberapa jalan di Perumahan Beringin Rindang, rusak dan baru hanya baru beberapa Jalan yang direhab Dinas PUPR.  “ Yah mungkin dikarenakan belum ada anggarannya, Pak, maka kami bersama warga mengambil inisiatif untuk berswadaya “, ujar Aryadi.

Menanggapi sebagian warga pada malam hari kerja bakti mengeruk aliran parit pinggir jalan dekat Pos Siskamling, kata Aryadi saat ini kalau kerja siang cuaca panas oleh terik mata hari, maka dikerjalan malam hari.

Pantauan Berita Sampit, sejumlah ruas Jalan Beringin Rindang I, II, III hingga Beringin Rindang X, sekitar setahun lebih sudah ada yang diperbaiki/rehab oleh Pemkab Kobar melalui Dinas PUPR. Tapi sebagain besar beberapa jalan, termasuk Jalan Beringin Rindang Utama 2, sampai sekarang jalannya sudah keropos karena coran asplannya sudah menghilang, diganti dengan lubang-lubang landai yang kalau dilalui kendaraan khusus roda dua/motor, sangat terasa ‘ renjulnya’ jalan kedalam perut.

BACA JUGA:   Bukan Hanya Ada  di Cirebon, Musik Obrog-Obrog Pembangun Sahur Ternyata Juga Ada di Kota Kumai, Kotawaringin Barat

Dengan digantinya Penjabat (Pj) Bupati Kobar yang baru Bapak DR. Drs. H. Budi Santosa, semoga pada Anggaran Belanja Tambahan (ABT) tahun 2023,  bisa memprioritaskan perbaikan beberapa Jalan yang strategis dan banyak warganya di Perumahan Beringin Rindang.

Perlu diketahui, bahwa Perumahan di RT 06 khusus nama ‘Beringin Rindang 1 sampai seterusnya dan di RT 08 khusus nama buah-buahan, di Desa Pasir Panjang, jumlah penduduknya sekitar 600 jiwa. Adalah salah satu komplek perumahan yang paling senior/pertama di Kota Pangkalan Bun.

Dihuni oleh berbagai kalangan, yang terdiri dari Pegawai Negri Sipil (PNS) yang sekarang disebut Aparatur Sipil Nengri (ASN), Pengusaha dan kalangan swasta lainnya. (Man)